Nadalsyah sebut pengguna narkoba bukan penjahat tapi korban

id bupati barut nadalsyah,pemusnahan barang bukti,kejari barito utara

Nadalsyah sebut pengguna narkoba bukan penjahat tapi korban

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menandatangi pemusnahan barang bukti tindak pidana narkotika dan pidana umum lainnya di aula Setda lantai I di Muara Teweh, Senin (27/7/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan bahwa hendaknya mulai sekarang ada perubahan mindset dari semua lapisan masyarakat bahwa pengguna narkoba bukan lagi dianggap penjahat namun sebagai korban atau orang sakit.

"Mereka memang berada dalam dua dimensi permasalahan yaitu pelaku kriminal dan orang yang sakit oleh karena itu menghadapi mereka ini solusinya adalah disembuhkan melalui rehabilitasi secara komprehensif mulai dari tahap rehabilitasi medis sampai pada rehabilitasi sosial," kata  Nadalsyah saat pemusnahan barang bukti narkotika dan pidana umum lainnya secara virtual di Kejaksaan Negeri Barito Utara, di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, peran kita sebagai masyarakat dalam menyelamatkan dan mencegah pengguna narkoba dapat dimulai dari lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal dalam membangun gerakan nasional mewujudkan hidup sehat tanpa narkoba.

“Langkah ini dapat kita lakukan dengan membangun budaya saling asah, asuh dan asih dalam keluarga karena dari situlah awal dimensi pencegahan dan dimensi rehabilitasi, juga dari situ pula awal upaya untuk menyelamatkan pengguna narkoba secara nasional,” ujarnya.

Terkait dengan peredaran gelap narkoba bupati mengharapkan agar jaringan pengedar narkoba perlu mendapat hukuman yang setimpal. Para penegak hukum yang menangani kejahatan narkoba agar menjaga integritas, melakukan langkah langkah secara agresif, membongkar jaringan sampai ke akar-akarnya dan menuntut mereka dengan tindak pidana pencucian uang agar jaringan atau sindikat tidak berdaya.

Kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika dan non narkotika hendaknya bukan hanya sebagai acara seremonial semata melainkan dengan cara ini marilah kita bersama sama menumbuhkan kesamaan sikap dalam  rangka membangun kesadaran tentang bahaya narkoba serta meningkatkan komitmen untuk melakukan upaya upaya pencegahannya.