Kesembuhan capai 70 persen, Gubernur sampaikan panduan pencegahan COVID-19

id Satgas penanganan covid 19 kalteng, kalimantan tengah tingkat kesembuhan 70 persen, virus corona, gubernur sugianto sabran

Kesembuhan capai 70 persen, Gubernur sampaikan panduan pencegahan COVID-19

Ilustrasi-Petugas kesehatan melakukan tes diagnostik cepat (rapid test). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/hp. (JESSICA HELENA WUYSANG/JESSICA HELENA WUYSANG)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menyampaikan perkembangan terbaru pada Selasa (4/8) dan menyatakan terjadi penambahan pasien sembuh sebanyak 10 orang.

"Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 10 orang, sehingga kumulatif mencapai 1.294 orang atau tingkat kesembuhan 70,6 persen," katanya melalui Jubir Rita Juliawaty di Palangka Raya.

Penambahan 10 orang pasien sembuh itu, berasal dari Kapuas dua orang dan Barito Selatan delapan orang. Sedangkan kasus konfirmasi bertambah lima orang dan semuanya dari Palangka Raya.

Kumulatif positif COVID-19 Kalteng menjadi 1.834 kasus, terdiri dari 446 dalam perawatan, 1.294 sembuh dan 94 meninggal dengan tingkat kematian atau 'case fatality rate' (CFR) sebesar 5,1 persen.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan beberapa panduan pencegahan penularan pada individu yang dapat dilakukan dengan beberapa tindakan, yakni :

1. Membersihkan tangan secara teratur dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 40-60 detik atau menggunakan cairan antiseptik berbasis alkohol (hand sanitizer), minimal 20-30 detik. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak bersih.

2. Menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya (yang mungkin dapat menularkan COVID-19).

3. Menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplet dari orang yang batuk atau bersin.

4. Membatasi diri terhadap interaksi atau kontak dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya.

5. Saat tiba di rumah setelah bepergian, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti memenuhi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup termasuk pemanfaatan kesehatan tradisional.

7. Mengelola penyakit penyerta agar tetap terkontrol.

8. Mengelola kesehatan jiwa dan psikososial.

9. Jika memiliki gejala batuk bersin, pakailah masker medis. Gunakan masker dengan tepat, tidak membuka tutup masker dan tidak menyentuh permukaan masker. Bila tanpa sengaja menyentuh segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol. Jika berlanjut segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar