Kapuas penerima BST terbanyak di Kalteng

id Kapuas penerima BST terbanyak di Kalteng, Kapuas, DPRD Kapuas

Kapuas penerima BST terbanyak di Kalteng

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas   (ANTARA) - Kabupaten Kapuas merupakan kabupaten terbanyak yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia di Provinsi Kalimantan Tengah.

“BST yang diberikan kuota dari pemerintah pusat kepada Kabupaten Kapuas itu sebanyak 18.254 kepala keluarga (KK) dibanding kabupaten lain yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah ini, Kapuas paling terbanyak menerima BTS,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal tersebut diketahui berdasarkan data dan surat keputusan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Berdasarkan data dan surat keputusan Kemensos RI itu disebutkan Kota Palangka Raya hanya mendapat 9 ribu lebih dan kabupaten lainnya rata-rata di bawah kuota yang diterima Kabupaten Kapuas.

Menurut pria yang akrab disapa Budi ini, karena keaktifan pemerintah daerah setempat melalui Dinsos Kapuas, melakukan  verifikasi dan validasi data penduduknya dengan valid dan cepat.

Budi mengatakan, program bantuan sosial yang bersumber dari dana APBN maupun APBD kabupaten yang sudah tersalurkan untuk masyarakat terdampak COVID-19 tersebut sampai saat ini, baik itu program Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI, Bantuan Langsung Tunai (BLT) kabupaten dan BLT Dana Desa (DD) totalnya 84.868 KK.

Jumlah tersebut terdiri dari PKH yang sudah tersalurkan ada sebanyak 8.121 KK, BPNT 14.885 KK, BST Kemensos RI 18.254 KK, BLT APBD kabupaten 23.880 KK dan BLT yang bersumber dari DD 19.724 KK.

“Bantuan ini tidak hanya sampai disini, dan ini tetap terus berlanjut terutama di daerah Hulu Kapuas yang mungkin ada belum terakomodir akan dilakukan verifikasi dan validasi data. Inilah bentuk kepedulian dan perhatian kita kepada masyarakat Kabupaten Kapuas,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Wabup imbau generasi muda di Kapuas jauhi narkoba

Baca juga: Pembagian daging kurban di Kapuas diharapkan ringankan beban masyarakat

Baca juga: Rumah warga tak layak huni dibedah Kodim 1011 Kapuas