Tundukan tamunya, Shakhtar lolos ke perempat final Liga Europa

id Shakhtar Donetsk,Wolfsburg,liga europa,uefa

Tundukan tamunya, Shakhtar lolos ke perempat final Liga Europa

Penyerang Shakhtar Donetsk Junior Moraes merayakan gol yang dicetaknya pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Europa melawan VfL Wolfsburg yang dimainkan di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina, Rabu (5/8/2020). (ANTARA/REUTERS/VALENTYN OGIRENKO)

Jakarta (ANTARA) - Shakhtar Donetsk memukul tamunya VfL Wolfsburg dengan kemenangan 3-0, pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Europa yang diwarnai dua kartu merah dan dimainkan di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Berkat kemenangan itu, Shakhtar mengantungi kemenangan agregat 5-1 setelah unggul 2-1 pada leg pertama dan berhak melaju ke perempat final, demikian catatan laman resmi UEFA.

Keran gol Shakhtar baru terbuka menjelang laga usai. Gol Junior Moraes (89') membuka keunggulan tim Ukraina itu, disusul gol Manor Solomon (90'), dan gole kedua dari Moraes (93').



Kedua tim memulai permainan dengan tampil berhati-hati dan kerap melakukan salah umpan pada operan terakhir. Tuan rumah Shakhtar memiliki peluang terlebih dahulu pada menit kesepuluh, dari suatu skema serangan balik sepakan Marcos Bahia melambung di atas gawang Wolfsburg.

Shakhtar terus menggempur, ketika Wolfsburg kesulitan menyalurkan bola kepada para pemain depannya. Tidak lama berselang giliran Alan Patrick yang melepaskan tembakan namun masih dapat ditepis kiper Koen Casteels.

Patrick kembali mengancam saat ia meliuk-liuk masuk ke kotak penalti Wolfsburg. Sempat terjadi sedikit kemelut, tetapi bola sepakan Marlos dapat diblok pemain bertahan Wolfsburg.


Wolfsburg mencoba balas mengancam. Sayangnya umpan tarik kiriman Joao Victor gagal disambar Wout Werghost dan Daniel Ginczek.

Gawang Wolfsburg kembali terancam saat sepakan kaki kiri Marlos membentur tiang gawang Casteels. Tim tamu berusaha mencuri peluang dari sundulan melambung John Brooks yang meneruskan bola tendangan bebas.

Peluang terakhir sebelum turun minum didapat Mykola Matviyenko, namun sepakannya masih dapat ditahan kiper Casteel.

Shakhtar memulai babak kedua dengan tampil menekan sejak awal. Kiper Casteel kembali dipaksa bekerja keras saat ia menahan sepakan Moraes. Peluang berikutnya dari Shakhtar dimiliki Patrick yang mengarah lurus ke kiper.

Setelah kerap ditekan, Wolfsburg berpikir mereka mendapat hadiah penalti pada menit ke-68 saat Davit Khocholava menjatuhkan Joao Victor di kotak terlarang. Wasit Ivan Kruzliak kemudian meninjau VAR, ia mengubah keputusannya dengan hanya memberikan tendangan bebas kepada Wolfsburg, namun ia memberikan kartu merah kepada Khocholva.


Keunggulan jumlah pemain Wolfsburg hanya bertahan dua menit, karena setelah itu Brooks diganjar kartu kuning kedua oleh wasit akibat pelanggarannya terhadap Moraes.

Kebuntuan baru pecah menjelang peluit panjang berbunyi. Moraes mengemas gol pertama Shakhtar saat ia menerima operan Dodo dari sisi kanan, untuk kemudian diteruskan dengan sambaran menembus gawang tim tamu.

Tidak lama kemudian Casteel kembali harus memungut bola dari gawangnya. Kali ini Yevheniy Konoplyanka yang mendapatkan umpan terobosan meneruskannya kepada Solomon, untuk kemudian bola diarahkan ke sudut gawang.

Wolfsburg yang mentalnya merosot harus kemasukan gol untuk ketiga kalinya. Josuha Guilavogui gagal menguasai bola operan di area pertahanan sendiri dengan sempurna, yang membuat bola dapat direbut Moraes. Ia kemudian menggiring bola memasuki kotak penalti, mengecoh Casteel, dan mengakhirinya dengan sepakan akurat ke gawang tim tamu.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Andriy Pyatov, Dodo, Sergey Kristov, Davit Khocholava, Mykola Matvyenko, Marcos Bahia (Viktor Kovalenko 74'), Taras Stepanenko, Marlos (Manor Solomon 76'), Alan Patrick, Taison (Yevheniy Konoplyanka 86'), Junior Moraes
Pelatih: Luis Castro

Wolfsburg (3-4-3): Koen Casteels, Marcel Tisserand, Marin Pongracic, John Anthony Brooks, Josip Brekalo (Josuha Guilavogui 75'), Xaver Schlager, Maximilian Arnold, Jerome Roussillon (Felix Klaus 83'), Daniel Ginczek (Omar Marmoush 61'), Wout Weghorst, Joao Victor
Pelatih: Oliver Glasner