Kapuas berencana kembali gelar tes cepat massal

id Pemkab kapuas, kuala kapuas, rapid tes kecamatan selat, tes cepat, covid 19, virus corona

Kapuas berencana kembali gelar tes cepat massal

Camat Selat, Slamet Riyadi. (ANTARA/Ho-Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus berupaya mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah setempat, salah satunya melalui tes cepat atau 'rapid test' massal.

Adapun tes cepat massal yang akan kembali dilaksanakan, yakni di wilayah Kecamatan Selat dan rencananya dilakukan pada beberapa titik, kata Camat Selat, Slamet Riyadi di Kuala Kapuas, Rabu.

"Rapid test ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang sebelumnya dilakukan di Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas oleh TP PKK dan juga di area pasar maupun oleh dinas terkait lainnya,” katanya.

Pemeriksaan cepat untuk masyarakat secara gratis ini dilaksanakan, sebagaimana langkah Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam menekan penyebaran COVID-19 di daerah setempat.

Pelaksanaanya diantaranya Puskesmas Pulau Telo, Puskesmas Selat yang berada di Kelurahan Selat Hilir, Puskesmas Melati dan Puskesmas Panamas.

Untuk Puskesmas Pulau Telo, telah melaksanakan rapid test di tiga desa, diantaranya Pulau Telo, Pulau Telo Baru dan Kelurahan Selat Barat. Puskesmas Panamas, akan dilaksanakan di dua tempat yaitu Kelurahan Panamas dan Murung Keramat.

Sedangkan Puskesmas Melati melaksanakan kegiatan rapid test di empat kelurahan, diantaranya Selat Tengah, Selat Hulu, Selat Utara dan Selat Dalam dengan jumlah rapid test yang dipersiapkan sebanyak 540 unit.

"Rapid test ini merupakan salah satu kegiatan yang menunjukkan kinerja Gugus Tugas COVID-19 Kapuas, dalam memberikan hasil yang terbaik guna mendeteksi penyebaran virus tersebut," ungkapnya.

Apabila ada yang terdapat reaktif maka akan langsung diswab tes guna meminimalisir penyebaran COVID-19. Pihaknya berharap masyarakat tidak takut mengikuti rapid test, sebab sebagai salah satu upaya mendeteksi sejak dini.

"Dengan mengetahui lebih dini kondisi kita, maka dapat lebih waspada dan bisa mengambil cara yang tepat untuk mengatasinya,” tegas Slamet Riyadi.