Polresta Palangka Raya paparkan strategi pengamanan pilkada serentak

id Polresta Palangka Raya paparkan strategi pengamanan pilkada serentak, pilkada Palangka raya, polres Palangka Raya

Polresta Palangka Raya paparkan strategi pengamanan pilkada serentak

Kepala Bagian Operasional Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian memaparkan strategi pengamanan pilkada serentak saat menghadiri kegiatan  Kelompok Diskusi Fokus Pilkada Kalteng di kota setempat, Kamis (6/8/2020). ANTARA/HO-Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Polresta Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah memaparkan kesiapan dan strategi mereka dalam mengamankan jalannya pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

"Polresta Palangka Raya telah menyusun strategi dan perencanaan pengamanan pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun ini, baik dengan menerapkan penyesuaian terkait kondisi di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda daerah kita saat ini," kata Kepala Bagian Operasional Polresta Palangka Raya Kompol Hemat Siburian di Palangka Raya, Kamis.

Hemat Siburian memaparkan mengenai kesiapan dan strategi itu saat menghadiri undangan Kelompok Diskusi Fokus Pilkada Kalteng yang digelar Direktorat Intelkam Polda Kalteng bersama Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu dan Satgas Gugus Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya.

Perwira berpangkat melati satu tersebut menegaskan, strategi yang diterapkan dimulai dari upaya deteksi dini. Berbagai upaya seperti pencegahan, penangkalan dan penegakan hukum terhadap segala hal yang dapat mengganggu penyelenggaraan pilkada pada tahun ini serta berbagai kegiatan teknis maupun taktis lainnya.

Dia juga menegaskan, semua rangkaian kegiatan tersebut akan disesuaikan pelaksanaannya dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di tengah pandemi yang masih terjadi saat ini.

"Protokol diberlakukan terhadap petugas yang berada di lapangan maupun masyarakat yang beradaptasi dalam pilkada mendatang. Hal itu semuanya juga sudah diatur sehingga personel kita aman dari terpaparnya wabah yang melanda daerah kita ini," ujarnya.

Jajaran Polresta Palangka Raya juga telah merencanakan untuk menggelar simulasi sistem pengamanan (sispam) kota yang akan dilakukan oleh seluruh personelnya dengan mengimplikasikan situasi sebenarnya di lapangan.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi keamanan dan ketertiban di Kota Palangka Raya, guna menyukseskan penyelenggaraan pilkada Kalteng meskipun di tengah pandemi COVID-19 saat ini," demikian Hemat Siburian.

Baca juga: KPPD Kalteng sosialisasikan pilkada tingkatkan partisipasi pemilih pinggiran

Baca juga: Minta ditambah, DPRD tegaskan anggaran Pilkada Kalteng lebih dari cukup

Baca juga: Netralitas ASN di Pilkada penting antisipasi birokrasi korup

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar