Forum Koordinasi Muara Teweh perkuat kepatuhan badan usaha melalui JKN-KIS

id bpjs kesehatan muara teweh,forum koordinasi,badan usaha,jkn-kis

Forum Koordinasi Muara Teweh perkuat kepatuhan badan usaha melalui JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady mengikuti konferensi video bersama Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan di kantor BPJS Kesehatan setempat di Muara Teweh, Selasa (14/4/2020).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan memperkuat implementasi kepatuhan banda usaha di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah  sebagai bentuk dukungan kepada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan.

"Kepatuhan badan usaha dalam memenuhi kewajibannya sangat berpengaruh dengan keberlangsungan BPJS Kesehatan dalam menjalankan program JKN-KIS," kata Ketua Forum Koordinasi Pengawasan dan Kepatuhan, Basrulnas melalui konferensi video di Muara Teweh, Selasa.

Pertemuan melalui konferensi video ini dilakukan di tengah mewabahnya virus COVID-19 dan imbauan pemerintah untuk menerapkan Physical Distancing, BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh bersama dengan pemangku kepentingan melaksanakan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tahap 1 Tahun 2020.

Menurut dia, walaupun adanya keterbatasan untuk bertemu langsung, melalui konferesni video ini tidak mengurangi semangat kita untuk tetap berkoordinasi dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing dalam melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan pemberi kerja sebagai bentuk dukungan kepada program JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Ia mengapresiasi adanya kegiatan ini di tengah keterbatasan untuk dapat melaksanakan pertemuan secara langsung.

"Yang harus kita lakukan saat ini adalah maju secara bersama-sama untuk meningkatkan kepatuhan badan usaha karena peran serta dari badan usaha tersebut berdampak terhadap keberlangsungan program JKN-KIS yang kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat," kata dia yang juga Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Iwan Adriady  dalam paparannya mengungkapkan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan terhadap badan usaha di wilayah DAS Barito sudah berjalan dengan sangat baik. Hal tersebut, menurutnya tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan dari pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

"Kami sangat  berterima kasih kepada para pemangku kepentingan baik dari pemerintah Kabupaten Barito Utara, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Kejaksaan Negeri Barito Utara atas komitmen dan dukungannya sehingga kepatuhan badan usaha di wilayah Kabupaten Barito Utara meningkat," kata Iwan.

Pada 2019 misalnya, kata Iwan, jumlah badan usaha yang memenuhi kewajiban pendaftaran dan pembayaran iuran meningkat secara signifikan.

"Dari sisi kepatuhan maupun pembayaran iuran, total ada 27 badan usaha yang patuh setelah dilimpahkannya surat kuasa khusus (SKK) ke kejaksaan dan ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya," ungkap dia

Iwan juga mengharapkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dapat berjalan dengan optimal disamping adanya keterbatasan selama masa pandemi COVID-19. 

Dukungan tersebut diantaranya kewajiban pendaftaran BPJS Kesehatan dalam kepengurusan perizinan, pertukaran data badan usaha/PIC badan usaha, pengawasan dan pemeriksaan badan usaha hingga harapan akan diterapkannya sanksi administratif tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu bagi badan usaha yang tidak patuh.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar