Sevilla meju ke perempat final Liga Europa

id Sevilla,AS Roma,piala liga europa

Sevilla meju ke perempat final Liga Europa

Penyerang Sevilla Youssef En Nesyri merayakan gol yang dicetaknya ke gawang AS Roma pada pertandingan 16 besar Liga Europa yang dimainkan di MSV Arena, Duisburg, Jerman, Kamis (6/8/2020). (ANTARA/REUTERS/WOLFGANG RATTAY)

Jakarta (ANTARA) - Sevilla maju ke perempat final Liga Europa berkat kemenangan 2-0 atas AS Roma pada pertandingan babak 16 besar yang dimainkan di Schauinsland-Reisen-Arena, Duisburg, Jerman, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Gol Sergio Reguilon (22') membuka keunggulan tim Spanyol itu, sebelum penyerang asal Maroko Youssef En Nesyri (44') menggandakan keunggulan mereka menjelang babak pertama usai, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kedua tim menampilkan permainan cepat sejak peluit tanda dimulainya pertandingan ditiup. Sevilla menebar ancaman terlebih dahulu melalui tembakan Lucas Ocampos yang masih dapat ditepis kiper Pau Lopez pada menit ketujuh.


Sevilla yang bermain lebih rapi mendapatkan peluang berikutnya dari sundulan Jules Kounde yang menghantam mistar gawang Roma.

Kegigihan Sevilla menuai hasilnya pada menit ke-22. Sergio Reguilon yang menerima operan panjang dari sisi kanan lapangan, kemudian menggiring bola memasuki kotak penalti dan menyelesaikan peluang dengan sepakan kaki kiri ke sudut kiri gawang Lopez.

Roma yang kesulitan menembus pertahanan Sevilla baru mampu menciptakan peluang berbahaya pada menit ke-35. Edin Dzeko bergerak menggiring bola ke kotak penalti Sevilla, ia kemudian terjatuh, bola kemudian bergulir ke Zaniolo yang tembakannya terdefleksi bek Sevilla.

Menjelang turun minum Sevilla menggandakan keunggulan. Dari skema serangan balik, bola dioperkan ke Lucas Ocampos di sisi kanan. Ia kemudian mampu mengatasi adangan yang dilakukan Leonardo Spinazzola untuk bergerak menusuk ke kotak penalti dan menarik kiper Lopez, bola selanjutnya dioperkan ke penyerang Youssef En Nesyri untuk dengan mudah dimasukkan ke gawang yang kosong.


Roma lebih banyak memegang bola setelah turun minum, tetapi kedisiplinan para pemain Sevilla dalam menggalang pertahanan membuat mereka kembali kesulitan menciptakan peluang.

Giallorossi baru mampu mengancam gawang Sevilla melalui sepakan Henrikh Mkhitaryan yang melebar. Namun tidak lama kemudian Sevilla balas meneror melalui sepakan akrobatik Ocampos dari umpan Banega yang dapat digagalkan kiper Lopez.

Dzeko yang jarang mendapatkan umpan matang mencoba mengejutkan saat ia melepaskan sepakan sambil membalik badan di dalam kotak penalti. Sayang sepakannya masih melambung.


Pada menit ke-73 justru gawang Roma yang kemasukan untuk ketiga kalinya setelah Kounde menyambut umpan silang Ocampos. Tetapi gol itu tidak disahkan karena offside dan dikonfirmasi oleh VAR.

Menjelang laga usai, Sevilla mendapat peluang dari bola mati untuk memperbesar keunggulan. Peluang pertama dari tendangan bebas Banega yang membentur mistar gawang Roma, sedangkan peluang selanjutnya adalah tendangan bebas Munir El Haddadi yang dapat ditangkap Lopez.

Lopez lagi-lagi mencegah gawang Roma kemasukan untuk ketiga kalinya, saat ia menahan sepakan voli Kounde dari umpan silang Jesus Navas.

Roma yang frustrasi harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain, setelah Gianluca Mancini diusir keluar lapangan akibat sikutannya terhadap Luuk de Jong.



Susunan pemain:

Sevilla (4-3-3): Yassine Bounou, Jesus Navas, Diego Carlos, Jules Kounde, Sergio Reguilon, Ever Banega, Fernando, Joan Jordan, Lucas Ocampos (Franco Vazquez 96') , Youssef En Nesyri (Luuk de Jong 94'), Suso (Munir El Haddadi 67')
Pelatih: Julen Lopetegui

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez, Gianluca Mancini, Roger Ibanez, Aleksandar Kolarov (Gonzalo Villar 78'), Bruno Peres, Amadou Diawara (Carles Perez 57'), Bryan Cristante, Leonardo Spinazzola, Nicolo Zaniolo (Lorenzo Pellegrini 57'), Henrikh Mkhitaryan, Edin Dzeko
Pelatih: Paulo Fonseca