Jembatan Muara Teweh - Jingah fungsional tahun ini

id jembatan muara teweh - jingah,islamic center,dinas pupr barito utara

Jembatan Muara Teweh - Jingah  fungsional tahun ini

Para pekerja melakukan pemasangan pagar pengaman jembatan di Muara Teweh, Jumat (7/8/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Jembatan  yang menghubungkan Muara Teweh  menuju Kelurahan Jingah Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai dilakukan pengerjaan pengaspalan dan pemasangan pagar pengaman jembatan dan ditargetkan fungsional tahun ini juga.

"Pekerjaan pengaspalan jalan di jembatan penyeberangan Muara Teweh-Jingah tersebut telah dilaksanakan sejak Rabu (5/8)," kata Kepala Bidang Bina Marga  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara Rody di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, Tahun Anggaran 2020 ini dilaksanakan pekerjaan pengaspalan dan pemasangan pagar pengaman jembatan. Selain itu ada juga pekerjaan pemasangan, AC-WC, halte, pintu gerbang, taman dan pengadaan lainnya. Untuk pelunasan akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021.

"Jembatan ini dibangun menggunakan jenis konstruksi utama bagian atas menggunakan pelengkung/busur (Arch Bridge). Dan merupakan kebanggan bagi masyarakat Barito Utara," kata dia.

Jembatan  yang menggunakan Arch Bridge ini dibangun sejak 2015 menggunakan dana APBD Kabupaten Barito Utara (multiyears), selama lima tahap. Untuk total anggaran dana keseluruhan (tahap I sampai V) sebesar Rp103,8 miliar. Dari APBD Barito Utara Rp73,9 miliar atau 71,21 persen sedangkan dana bantuan Provinsi Kalteng Rp29,9 miliar atau 28,79 persen.

Dia mengatakan, bahwa jembatan yang melintasi Sungai Barito tersebut  akan rampung pada tahun ini. 

“Insya Allah tahun ini jembatan tuntas semua. Dan akan fungsional pada tahun ini juga," kata Rody.

Salah seorang pekerja mengatakan pengaspalan dilakukan sejak Rabu lalu, dan pada hari ini Jumat akan selesai semuanya di aspal. 

"Masih ada tersisa sekitar 120 meter yang belum di aspal di tengah jembatan hingga ke bagian seberang jembatan," ucapnya.

Bupati Barito Utara H  Nadalsyah menyatakan jembatan ini salah satu ikon Barito Utara yang mengintegrasikan di Jalan Panglima Batur ke Kelurahan Jingan dan Kelurahan Jambu untuk nantinya wisata religius ke Islamic Center. 

"Jadi nantinya jembatan ini akan terus kita kembangkan untuk pemandangan-pemandangan yang mempercantik jembatan ini," kata Nadalsyah.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar