Pemkab Sukamara tingkatkan kompetensi kerja bina konstruksi

id Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah,Kabupaten Sukamara,Sukamara,Kepala DPUPRPRKP Sukamara,Agus Mulyanto

Pemkab Sukamara tingkatkan kompetensi kerja bina konstruksi

Kegiatan Vidcom Peserta Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Kerja SMKK di DPUPRPRKP Sukamara, Selasa (11/8/2020). ANTARA/HO-

Sukamara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman melakukan kompetensi kerja bina konstruksi sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia di wilayah setempat.

Peningkatan itu merupakan misi ke-2 RPJMD dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Sukamara yang terdidik dan Sehat, kata Plt Kepala DPUPRPRKP Sukamara Agus Mulyanto melalui Kepala Bidang Bina Konstruksi Tober Rianto kepada ANTARA usai kegiatan Selasa.

"Kegiatan ini juga dalam bentuk Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Bina Konstruksi DPUPRPRKP Sukamara untuk meningkatkan Kompetensi Kerja Bina Konstruksi agar terkompetensi terakreditasi ke basis on-line," ucapnya.

Dikatakan, hal ini merujuk pada Permen PU-PR 21 Tahun 2019 untuk Sertifikat Petugas K3 Konstruksi sebagai syarat salah satu Pelelangan, sehingga mengerti tentang Sistem Manajemen Keselamatan Kerja (SMKK) untuk mendapatkan pola penerapan di Dunia kerja Jasa Konstruksi.

Baca juga: Warga Sukamara rasakan banyak manfaat TMMD ke-108

Hadir dalam kegiatan tersebut dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Konstruksi 3 orang pengawas dan Moderator, Narasumber dari Direktorat Bina Konstruksi Kementerian PU-PR via Vidcom.
"Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 orang dari Badan Usaha Kontraktor dan Konsultan dengan rincian 28 laki-laki dan 18 Perempuan. Dalam kegiatan ini tentunya tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru (new normal)," kata Tober.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt Kepala DPUPRPRKP Kabupaten Sukamara. Selain itu, turut hadir Pengawas dan Kabid Jakon PU-PR Kobar. Untuk kegiatan, sudah melalui ijin Ketua Gugus Covid-19 Sukamara dan pengecekan Protokoler Kesehatan Covid-19 Sukamara.

Baca juga: Berikut jumlah data pemilih menjadi sasaran coklit di Sukamara

Baca juga: TMMD berikan banyak manfaat bagi Sukamara

Baca juga: Bupati apresiasi pelaksanaan TMMD di Sukamara