Dua perusahaan di Kalteng raih anugerah Paritrana

id royyan huda,bpjs ketenagakerjaan,bpjamsostek,Anugerah Paritrana,Dua perusahaan di Kalteng raih anugerah Paritrana

Dua perusahaan di Kalteng raih anugerah Paritrana

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya, Royyan Huda dua kanan) usai penyerahan anugerah Paritrana Award melalui aplikasi video konference yang di gelar di salah satu hotel di Kota Palangka Raya, Rabu (12/8/2020) (ANTARA/HO)

Palangka Raya (ANTARA) - Dua perusahaan yang beroperasi di Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Anugerah Paritrana.

"Kami mengapresiasi PT Two In One dalam hal ini Aquarius Boutique Hotel yang menjadi Juara satu Paritrana Tingkat Nasional Kategori Perusahaan Menengah dan SS Surya Kencana Bengkel yang menjadi UKM terbaik mewakili Provinsi Kalimantan Tengah," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya, Royyan Huda di Palangka Raya, Rabu.

Pernyataan itu diungkapkannya usai acara penyerahan penghargaan Paritrana Award melalui aplikasi video konference yang digelar di salah satu hotel di Kota Palangka Raya.

Baca juga: BP JAMSOSTEK sosialisasi anugerah Paritrana Awards di Kalteng

Royyan menerangkan Anugerah Paritrana itu merupakan inisiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan sejak 2017 lalu.

Jumlah kandidat pada 2019 kian meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, di mana terdapat 34 provinsi yang ikut meramaikan penghargaan ini. Selanjutnya dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, dan 660 ribu Pemberi Kerja/Badan Usaha yang merupakan peserta BPJAMSOSTEK panitia tingkat provinsi telah menyeleksi 95 kabupaten/kota, 88 perusahaan skala besar, 99 perusahaan skala menengah, dan 34 UKM.

"Program anugerah itu diharapkan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan lain untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya. Selain itu juga menjadi pemicu semangat semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja dapat segera terwujud," katanya.

Baca juga: Dukung program Bantuan Subsidi Upah pemerintah, BPJAMSOSTEK kumpulkan rekening peserta

Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara daring menyerahkan Anugerah Paritrana 2019 kepada pemerintah provinsi dan kota, perusahaan dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang peduli terhadap Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Ma'ruf menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada para pekerja di Tanah Air. Perlindungan ini menjadi bagian dari upaya menyejahterakan tenaga kerja. Kesejahteraan tenaga kerja syarat mutlak kemajuan suatu negara.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan Paritrana diberikan sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada pemerintah daerah, perusahaan besar, perusahaan menengah dan pelaku UKM, karena sudah menjalankan jaminan perlindungan sosial di wilayahnya masing-masing.

Agus menerangkan penilaian Anugerah Paritrana sangat objektif. Aspek yang dinilai antara lain meliputi kebijakan regulasi jaminan sosial di daerah masing-masing. Selain itu juga jumlah coverage dan inisiatif yang dilakukan, seperti diseminasi, kerja sama operasional, pelayanan terpadu dan pengawasan kepatuhan jaminan sosial oleh tim terpadu.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Palangka Raya validasi data program subsidi gaji

Baca juga: Ramai informasi bantuan karyawan gaji dibawah Rp5 juta, begini penjelasan Kanwil DJPb Kalteng

Baca juga: Pekerja bergaji di bawah Rp5 juta akan dapat bansos, kata Menkeu

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar