Paskibraka upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Pemkot Palangka Raya hanya lima orang

id Paskibraka ,pasukan pengibar bendera,Paskibraka upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Pemkot Palangka Raya hanya lima orang

Paskibraka upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Pemkot Palangka Raya hanya lima orang

Paskibra Kota Palangka Raya tengah melakukan gladi Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI di Palangka Raya, Jumat (14/8/2020) (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan RI secara terbatas karena pandemi COVID-19, bahkan pasukan pengibar bendera (paskibra) hanya terdiri dari lima orang.

"Jumlah Paskibra pada upacara HUT RI tahun ini berbeda dengan upacara tahun sebelumnya. Total Paskibraka tahun ini hanya ada lima orang," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Palangka Raya, Ikhwanudin, Jumat.

Dia menerangkan, dari lima Paskibra itu, tiga orang akan bertugas melakukan pengibaran bendera dan dua lainnya sebagai cadangan. Begitu juga sebaliknya, saat penurunan tiga orang bertugas dan dua lainnya sebagai cadangan.

Baca juga: Paskibraka Gumas diingatkan agar disiplin menerapkan protokol COVID-19

"Jadi setiap pelaksanaan itu ada tiga anggota paskibra yang bertugas, dua lainya sebagai cadangan. Untuk teknisnya rollingnya disesuaikan oleh panitia," kata Ikhwanudin.

Dia mengungkapkan, paskibra yang akan bertugas di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya pada HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 ini berasal dari Paskibra 2019.

"Kalau biasanya kan paskibra itu lebih banyak yang bertugas dan direkrut di tahun berjalan. Namun karena saat ini masih pandemi COVID-19, maka sesuai pedoman pelaksanaan HUT ke-75 Kemerdekaan tahun 2020 anak-anak kita yang telah mengikuti seleksi paskibra kita tangguhkan," katanya.

Dia mengungkapkan pedoman itu berasal dari Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020, tanggal 6 Juli 2020 Perihal Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020.

Baca juga: Disdikpora Gumas siapkan 8 anggota Paskibraka untuk upacara HUT ke-75 RI

"Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, dengan mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tanpa mengurangi makna upacara itu sendiri," katanya.

Sementara itu, Upacara HUT Ke-75 RI di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya direncanakan terbatas dan menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Saat ini Paskibra bersama para pendamping serta para petugas upacara gencar melaksanakan gladi sebagai upaya mematangkan persiapan pelaksanaan upacara.

Baca juga: Penjual atribut kemerdekaan berharap penghasilan tak turun

Baca juga: Lomba semarakkan HUT kemerdekaan tak dianjurkan, kata Sekda Kalteng

Baca juga: Lomba tebak busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI