Pramuka Kalteng diajak teladani semangat juang pahlawan

id Pramuka Kalteng diajak teladani semangat juang pahlawan, gerakan Pramuka Kalteng, Tjilik riwut

Pramuka Kalteng diajak teladani semangat juang pahlawan

Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan upacara ziarah ke makam pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya, Jumat (14/8/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya yang dilaksanakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Gerakan Pramuka, sekaligus membawa pesan moral untuk meneladani semangat juang para pahlawan.

"Kegiatan ini dalam rangkaian Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020. Kwarda mengadakan ziarah ke makam pahlawan dan tokoh-tokoh yang berjasa bagi kemajuan organisasi Gerakan Pramuka," ujar Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran melalui Wakil Ketua Kwarda Bidang Kehumasan Istani P Yunus di Palangka Raya, Jumat.

Istani mengatakan, upacara tersebut dilaksanakan untuk mengingat jasa para pahlawan yang sudah mendahului. Peserta diharapkan dapat mengambil hikmah dari kegiatan ziarah ke makam pahlawan tersebut.

Peserta yang hadir dalam upacara tersebut dibatasi sebanyak 35 orang. Peserta wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain Kwarda Kalteng, ziarah ini juga diikuti Pengurus Dewan Kerja Daerah (DKD) Kalteng. Setelah upacara inti berupa peletakan karangan bunga, peserta upacara dipimpin Istani P Yunus dan Wakil Ketua Kwarda Bidang Binawasa Bambang Mantikei, menaburkan bunga ke para makam pahlawan.

Karangan bunga diantaranya diletakkan di makam Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, makam mantan Ketua Kwarda Kalteng HD Mangkusari serta para pejuang lainnya.

"Tujuan ziarah ini adalah untuk kembali membangkitkan rasa nasionalisme bagi kalangan generasi muda," katanya.

Lebih lanjut, sambung Istani, hal tersebut juga agar kita semua bisa menghayati dan melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, terlebih lagi pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dan juga telah berjasa dalam mendidik anak-anak bangsa melalui Gerakan Pramuka.

"Kita juga mendoakan agar para pahlawan kita ini diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan amal dan bakti mereka selama hidup," ungkapnya.

Sehari sebelumnya pada Kamis (13/8/2020) malam, Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng juga melaksanakan upacara Ulang Janji Pembina dan Pelatih Pramuka di Sanggar Bakti Pramuka Jalan KS Tubun Kota Palangka Raya. Upacara yang dipimpin Waka Kwarda Kalteng Bambang Mantikei ini diikuti 30 Pembina dan Pelatih.

Baca juga: Sambut HUT RI, pejabat Dinsos Kalteng anjangsana ke panti asuhan

Baca juga: PTI UM Palangka Raya ikuti visitasi akreditasi daring karena COVID-19


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar