Meriahkan HUT RI, TMP Kencana Kapuas diperindah

id Meriahkan HUT RI, TMP Kencana Kapuas diperindah, kemerdekaan

Meriahkan HUT RI, TMP Kencana Kapuas diperindah

Panitia HUT RI Ke-75 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memperindah Taman Makam Pahlawan (TMP) Kencana Kapuas, Sabtu (15/8/2020). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Taman Makam Pahlawan (TMP) Kencana yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kota Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, diperindah untuk menambah keindahan kota ini.

“Ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75 tahun 2020,” kata Wakil Ketua Panitia HUR RI Ke-75 Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Sabtu.

Budi yang juga menjabat Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas ini mengatakan, tujuan pihaknya memperindah TMP Kencana Kapuas, pemasangan lampu-lampu, bendera merah putih maupun umbul-umbul bertujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

TMP Kencana Kapuas yang sebelumnya gelap gulita pada malam hari, saat ini menjadi terang benderang disinari lampu sorot dan lampu hias merah putih. Selain pemasangan lampu, pembersihan TMP Kencana juga dilakukan oleh Dinas Sosial Kapuas didukung penuh oleh Tagana dan relawan sosial.

Kegiatan pembersihan TMP Kencana Kapuas dilakukan mulai dari pemotongan rumput hingga pengecatan pagar.

“Di lingkungan TMP Kencana kita bersihkan dan pagar beton di sekitar juga kita lakukan pengecatan agar terlihat bagus dan indah,” katanya.

Menurut Budi, TMP merupakan salah satu sarana publik milik negara yang sudah seharusnya dipelihara.

"Dan juga kita semarakkan dengan tema kemerdekaan. Sehingga TMP bisa menjadi tempat yang nyaman dan indah untuk dilihat dan dikunjungi," ujarnya.

Mengingat suasana peringatan HUT RI masih di masa pandemi COVID-19, tahun ini peringatan proklamsi kemerdekaan dilaksanakan pemerintah daerah setempat secara sederhana.

“Tahun ini tetap kita laksanakan secara sederhana, seperti upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kencana Kapuas, dilaksanakan pada malam peringatan Minggu (16/8). Kemudian besoknya, dilaksanakan apel peringatan yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kapuas, Jalan Pemuda dan dilanjutkan siangnya mendengarkan pidato kenegaraan detik-detik peringatan proklamasi,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Seorang warga Sei Hanyo tewas bersimbah darah

Baca juga: Kondisi Jembatan penghubung desa memprihatinkan, warga berharap diperbaiki