Semangat kemerdekaan agar Bartim bebas COVID-19

id Pemkab bartim, barito timur, tamiang layang, ampera ay mebas

Semangat kemerdekaan agar Bartim bebas COVID-19

Tiga orang paskibraka mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia di halaman Pemkab Bartim di Tamiang Layang, Senin, (17/8/2020). (ANTARA/Ho-Pemkab Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengharapkan semangat kemerdekaan pada peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia menjadi momentum terbebas dari COVID-19.

"Yang harus kita lakukan pada hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia ini, terus semangat dan tetap melawan agar bebas dari COVID-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan," katanya usai upacara HUT RI ke-75 di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, juga perlu dilaksanakan pemulihan ekonomi di Bartim untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat pasca pandemi COVID-19, sehingga baik sektor kesehatan maupun ekonomi merupakan dua hal yang sama-sama penting.

Adapun upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia di Pemkab Bartim, terlaksana dengan penuh hikmat walaupun digelar sederhana dan menerapkan protokol kesehatan.

Dikarenakan pandemi COVID-19, maka dilaksanakan secara terbatas. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, peserta upacara dari empat satuan yakni dari TNI, Polri, Satpol PP dan ASN sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan tiga orang anggota Paskibraka.

Peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia juga dilaksanakan pada tiap halaman organisasi perangkat daerah (OPD) dan 10 kantor kecamatan di Bartim.

Melalui peringatan ini, Ampera menggaungkan tekad melaksanakan pembangunan, mengisi kemerdekaan dengan jiwa dan semangat kebersamaan, merdeka dari kebodohan, kemiskinan, keterisolasian maupun COVID-19 menuju Indonesia Maju.

"Tatanan baru bukan berarti pandemi COVID-19 berakhir. Tapi lebih kepada merubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan," tegasnya.

Protokol kesehatan yang perlu didisiplinkan yakni mencuci tangan secara rutin dan teratur, memakai masker saat di luar rumah atau di tempat umum, serta tidak berkumpul atau berkelompok.

Ampera AY Mebas menjadi inspektur pada upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia tersebut. Seusai kegiatan, secara simbolis ia juga memberikan remisi kemerdekaan kepada 104 warga binaan Rumah Tahanan Kelas II B Tamiang Layang.