Pasien COVID-19 Barito Selatan dalam perawatan tersisa 21 orang

id Covid 19 barsel, buntok, virus corona

Pasien COVID-19 Barito Selatan dalam perawatan tersisa 21 orang

Ilustrasi - Pelaksanaan tes swab. (ANTARA/Foto: Riza Harahap)

Buntok (ANTARA) - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease-19 (COVID-19) asal Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah yang masih dalam perawatan tersisa 21 orang.

"Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah 11 orang dan enam orang dinyatakan sembuh, sehingga total pasien yang masih dalam perawatan sebanyak 21 orang," kata Juru Bicara COVID-19 Barito Selatan, dr Djulita Kurniadia Palar di Buntok, Sabtu.

Ia menjelaskan 21 orang dalam perawatan itu, sebagian dirawat di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, RSUD di Palangka Raya, klinik perusahaan dan isolasi mandiri dalam pengawasan secara ketat petugas kesehatan.

Sedangkan enam orang pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini berasal dari tiga kecamatan yakni Dusun Selatan, Dusun Utara dan Gunung Bintang Awai.

Kumulatif terkonfirmasi positif COVID-19 di Barito Selatan tercatat sebanyak 204 orang, terdiri dari 177 orang sembuh, 21 orang dalam perawatan dan enam orang meninggal.

Pihaknya terus melakukan testing dan trakcing secara aktif kepada orang-orang berisiko terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, serta menelusuri penularan virus corona di wilayah setempat.

"Tracking aktif dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mempersempit potensi penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona tidak meluas," terangnya.

Djulita juga mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama bergotong royong mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19 dengan mengikuti semua anjuran pemerintah, serta menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Yakni menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, serta mencuci tangan sesering mungkin," harap Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan itu.

Kemudian menjaga jarak, rajin berolahraga, jangan panik, dan selanjutnya konsumsi makanan bergizi dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh.