Legislator imbau masyarakat tingkatkan pengamanan rumah saat kosong

id Legislator imbau masyarakat tingkatkan pengamanan rumah saat kosong, Sigit Widodo, DPRD Palangka raya

Legislator imbau masyarakat tingkatkan pengamanan rumah saat kosong

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta masyarakat di daerah itu untuk mewaspadai tindak kejahatan pencurian rumah kosong yang belakangan ini marak terjadi.

"Masyarakat Kota Palangka Raya harus mewaspadai maraknya tindak kejahatan pencurian rumah kosong yang beberapa hari ini marak terjadi di daerah kita," kata Sigit di Palangka Raya, Minggu.

Kewaspadaan warga terhadap aksi kejahatan pencurian di rumah kosong, tentunya akan membuat para pelaku tindak kejahatan tersebut tidak akan bisa dengan leluasa untuk melancarkan aksinya.

Tidak hanya itu, guna mencegah serta mempersempit ruang gerak para pelaku yang diduga masih berkeliaran di wilayah Kota Palangka Raya, tidak ada salahnya masyarakat kembali mengaktifkan pos kamling.

"Aktifkan kembali pos kamling di komplek perumahan dengan tujuan mempersempit tindak kejahatan yang akan dilakukan para pencuri yang belakang ini marak terjadi," katanya.

Politisi PDIP Kota Palangka Raya tersebut menambahkan, selain kembali mengaktifkan pos kamling warga juga diharapkan berani melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat ketika melihat gerak gerik orang-orang tidak dikenal yang berkeliaran di komplek perumahan kita.

"Jangan sampai kita sesama warga di komplek perumahan saling acuh, sehingga hal tersebut mudah dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan beraksi," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi tindak pidana pencurian kembali terjadi pada Jumat (21/8/2020)sekitar pukul 02.00 WIB di kediaman seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bermukim di Komplek Kereng Indah Permai Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya.

Alhasil dari kejadian tersebut, kawanan para pencuri yang berhasil merangsak masuk ke dalam rumah ASN tersebut berhasil membawa kabur sejumlah barang berharga milik penghuni rumah.

Kejadian itu kini sudah dilaporkan ke Polsek Sabangau. Anggota kepolisian setempat juga sudah mendatangi lokasi kejadian dan memintai keterangan korban dan saksi yang mengetahui kejadian tersebut.

Baca juga: Tim Satgas tegur puluhan pengunjung Pasar Besar tak gunakan masker

Baca juga: DPRD dukung penerapan sanksi untuk warga tidak menggunakan masker

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020