Ini alasan Demokrat jatuhkan pilihan ke Halikinnor-Irawati

id Ini alasan Demokrat jatuhkan pilihan ke Halikinnor-Irawati, pilkada Kotim, Halikinnor-irawati, Kotim, Kotawaringin Timur

Ini alasan Demokrat jatuhkan pilihan ke Halikinnor-Irawati

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) menyerahkan surat rekomendasi atau B1.KWK kepada Halikinnor (kiri) didampingi Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Kalteng Junaidi di Jakarta, Kamis (27/8/2020). ANTARA/Istimewa

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat menjatuhkan hati untuk mengusung pasangan Halikinnor dan Irawati sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dalam pilkada 9 Desember 2020 karena kesamaan visi dan misi untuk memajukan masyarakat dan daerah.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalimantan Tengah Junaidi, Kamis sore, ketika dihubungi dari Kota Palangka Raya mengatakan, selain ada kesamaan visi dan misi, pasangan tersebut juga diusung berdasarkan hasil survei.

"Karena ada kesamaan visi dan misi yakni memajukan masyarakat Kotim dibarengi hasil survei yang cukup baik, maka dari itu kita menjatuhkan hati ke pasangan Halikinnor-Irawati," kata Junai.

Pasangan Halikinnor-Irawati kini sudah dipastikan bisa didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur  karena sudah memenuhi syarat minimal jumlah kursi dari koalisi PDIP dan Demokrat.

PDIP memiliki tujuh kursi DPRD Kotawaringin Timur dan Demokrat memiliki lima kursi. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding jumlah minimal sebagai syarat mendaftarkan pasangan calon yaitu hanya delapan kursi.

Bahkan menurut Junaidi, tidak menutup kemungkinan selain dua partai tersebut, ada partai lainnya lagi yang nantinya akan merapat dan memberikan surat rekomendasi untuk mengusung yakni Partai Perindo.

"Jadi, Halikinnor-Irawati ini diusung PDIP dan Demokrat. Rencananya dalam beberapa hari ini akan keluar juga surat rekomendasi dari Partai Perindo. Kita tunggu saja," ungkapnya.

Sementara itu penyerahan surat B1.KWK untuk pasangan Halikinnor-Irawati berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 243/SK/DPP.PD/VII/2020 langsung diserahkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ke Halikinnor yang disaksikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalteng Junaidi dan Bupati Kotim Supian Hadi di Jakarta.

Sementara itu, selain pasangan Halikinnor-Irawati, pasangan lain yang sudah memproklamirkan diri mereka adalah HM Taufiq Mukri-H Supriadi, Suprianti-Sanidin dan Muhammad Rudini-Samsudin. Namun tensi politik semakin dinamis sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada kejutan-kejutan yang akan terjadi.

Baca juga: AHY umumkan Demokrat usung Halikinnor-Irawati

Baca juga: Dinsos fasilitasi anak korban KDRT di Kotim pada trauma center

Baca juga: Puluhan desa belum dialiri listrik, ini saran DPRD Kotim