Pers miliki peran strategis dalam pembangunan di Kalteng

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, pwi kalteng, bpk ri, persatuan wartawan indonesia, pers

Pers miliki peran strategis dalam pembangunan di Kalteng

Loka karya hubungan pers dengan pemerintah daerah yang digelar PWI Kalteng di Palangka Raya, Senin, (31/8/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, selama ini pemerintah provinsi telah menjalin kemitraan yang baik bersama banyak perusahaan media di wilayah setempat.

"Kemitraan yang baik sangat diperlukan, sebab pers dan pemerintah harus bisa saling mendukung guna menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan," jelasnya yang diwakili Kabag Biro PKP Setda Kalteng Rusita di Palangka Raya, Senin.

Melalui pers, pemerintah bisa menyampaikan berbagai program maupun hasil dari kegiatan pembangunan yang dilaksanakan, sehingga seluruh masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah bisa mengetahuinya.

Selain itu, juga sebagai upaya menekan potensi penyimpangan informasi di masyarakat oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, seperti halnya beredarnya informasi palsu atau hoax.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, Haris Sadikin mengatakan pers memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan.

"Pers memiliki peran penting membantu pemerintah pusat maupun daerah, agar setiap program maupun kegiatan dalam pembangunan bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Hal itu ia ungkapkan di sela kegiatan loka karya atau 'workshop' hubungan pers dengan pemerintah daerah yang digelar PWI Kalteng. Melalui kegiatan itu, diharapkan kemitraan antara keduanya semakin meningkat dan memiliki sinergi yang baik.

Tanpa adanya pers tentu pemerintah tidak bisa menyampaikan berbagai informasi mengenai pembangunan secara optimal kepada masyarakat, baik kegiatan maupun program yang mereka miliki, serta ragam capaian yang berhasil diraih.

"Untuk itu semua pihak terkait wajib bersinergi, sehingga berbagai program dan kegiatan pembangunan bisa terlaksana dengan baik, serta di sisi lain informasi yang perlu diketahui masyarakat juga tersampaikan," ungkapnya.

Selain dihadiri perwakilan pemerintah daerah, kegiatan itu juga dihadiri perwakilan dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Kalimantan Tengah yang menjadi salah satu narasumber.

Haris berharap berbagai kendala atau permasalahan yang selama ini ditemui dalam kerja sama yang dijalin pers atau masing-masing perusahaan media bersama pemerintah bisa dicarikan solusinya.