HMI Seruyan : Wujudkan pilkada damai dan cegah provokasi

id Hmi seruyan, kalteng, kalimantan tengah, hmi lafran pane, kuala pembuang pilkada 2020

HMI Seruyan : Wujudkan pilkada damai dan cegah provokasi

Ketua HMI Komisariat Lafran Pane Seruyan Radianor (tengah) beserta jajaran saat mendeklarasikan pemilu damai di Kuala Pembuang, Rabu, (2/9/2029). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Lafran Pane Seruyan, siap mendukung kepolisian menciptakan suasana damai dan mencegah provokasi pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

“Kami siap bersinergi bersama kepolisian khususnya Polres Seruyan menciptakan pemilu yang damai,” kata Ketua Umum Komisariat Lafran Pane Seruyan Radianor di Kuala Pembuang, Kamis.

Pilkada 2020 kali ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, tentu ada beberapa regulasi yang berbeda dibandingkan pilkada sebelumnya dan harus dipatuhi oleh semua pihak. Termasuk salah satunya mencegah pengumpulan massa.

“Kemungkinan aktivitasnya nanti banyak memanfaatkan media sosial. Dalam hal ini kami menolak dan siap berpartisipasi mencegah peredaran hoax maupun isu SARA yang dapat memprovokasi," jelasnya.

Radi menilai, peran aktif mahasiswa dalam mengawal pemilu damai dan sejuk sangatlah penting. Sebab berdasarkan sejarah yang ada, semua gerakan besar di Indonesia selama ini, tak lepas dari kontribusi para pemuda yakni mahasiswa.

Tentunya hal itu juga bisa diaplikasikan terhadap pelaksanaan pemilu, yakni generasi muda di Seruyan berpartisipasi secara aktif guna menyukseskan sekaligus mewujudkan demokrasi yang benar-benar berkualitas.

“Saya harap generasi muda di Seruyan ikut terlibat menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk,” ungkapnya.

Ia menambahkan setelah deklarasi pemilu damai dan sejuk, pihaknya juga membagikan masker kepada masyarakat yang melintasi sejumlah ruas jalan di Kuala Pembuang. Hal itu sebagai salah satu langkah nyata, agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro mengatakan, pihaknya mengapresiasi HMI Komisariat Lafran Pane yang siap mendukung tugas kepolisian dalam menciptakan pemilu yang aman damai dan kondusif.

“Saya yakin apabila pemuda ikut berpartisipasi seperti menolak hoax, isu SARA dan mencegah provokasi, maka Pilkada Kalteng 2020 yang aman, damai dan sejuk akan terwujud," tegasnya.