Mentan ingin lokasi pengembangan 'food estate' benar-benar dimantapkan

id Mentan ri, food estate, menteri pertanian syahrul yasin limpo, kalteng, kalimantan tengah, tinjau lokasi penanaman perdana food estate kalteng, pulang

Mentan ingin lokasi pengembangan 'food estate' benar-benar dimantapkan

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (kedua kanan) saat meninjau lokasi pengembangan food estate di Pulang Pisau bersama Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (tengah) dan pejabat lainnya, Sabtu (12/9/2020). (ANTARA/HO-BPKP Setda Kalteng)

Pulang Pisau (ANTARA) - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo meminta agar lokasi pengembangan 'food estate' khususnya yang akan dilaksanakan penanaman perdana oleh Presiden Joko Widodo dipersiapkan secara matang.

Syahrul di Pulang Pisau, Sabtu, memberikan sejumlah arahan tentang berbagai hal yang harus dipersiapkan sehingga kunjungan kerja presiden dalam rangka penanaman perdana terlaksana optimal.

"Harus benar-benar dipersiapkan dan nantinya hamparan lahan pertanian bisa dilihat presiden," katanya di sela peninjauan lahan.

Dalam peninjauan itu, Syahrul beserta jajaran, didampingi langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo dan pihak terkait lainnya.

Mentan menjelaskan, penanaman perdana di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu nantinya tak hanya menanam padi saja, namun juga komoditas pertanian lainnya.

"Rencananya di lokasi ini bukan hanya padi, namun juga jagung, jeruk dan lainnya, serta benih ikan akan dilepas," ucapnya.

Baca juga: Menteri Pertanian tinjau lokasi penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

Baca juga: Food estate Kalteng tanam bulan ini, Kementan persiapkan benih dan alsintan

Adapun Presiden Joko Widodo berencana kembali melakukan kunjungan kerja ke Kalteng pada akhir September 2020 mendatang, dalam rangka penanaman perdana di kawasan pengembangan food estate.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Kawasan pengembangan food estate di Kalteng yang telah ditetapkan pemerintah pusat, yakni di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Sebelum dilakukannya penanaman perdana nantinya, hingga saat ini berbagai persiapan telah dilakukan.

Termasuk peninjauan oleh berbagai kementerian, mulai dari Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan lainnya.

Baca juga: Presiden bakal lakukan penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

Baca juga: Program 'food estate' dinilai sangat tepat dikembangkan di Seruyan

Baca juga: Bupati Seruyan berencana usulkan program Food Estate di Kuala Pembuang


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar