Tenaga honorer dipastikan dapat bantuan sosial di tengah pandemi

id Tenaga honorer ,Tenaga honorer dipastikan dapat bantuan sosial di tengah pandemi,Airlangga Hartarto

Tenaga honorer dipastikan dapat bantuan sosial di tengah pandemi

Ribuan massa aksi yang tergabung dalam Perkumpulan Guru Honorer (PGH) melakukan 'long march' menuju Kantor Bupati Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/9). Aksi unjuk rasa bela guru yang diikuti 4000 guru honorer tersebut menuntut pengakomodiran CPNS 2018 terkait pengangkatan pegawai honorer K2 menjadi CPNS tanpa syarat. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah sedang mengkaji untuk memastikan skema terbaik agar seluruh tenaga honorer mendapatkan bantuan sosial di tengah pandemi COVID-19.

“Bapak Presiden meminta untuk dilakukan pendalaman, terkait untuk tenaga honorer, nah ini pemerintah akan lakukan kajian dimana tenaga honorer pun akan diberikan bantuan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto setelah Rapat Terbatas “Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional“, (Melalui Video Conference), Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Airlangga mengatakan sampai sejauh ini sebagian kecil tenaga honorer ada yang sudah mendapatkan bantuan melalui data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Selanjutnya, kata dia, akan diarahkan bagi seluruh tenaga honorer untuk mendapatkan bantuan tersebut.

“Namun ini akan kami siapkan apakah itu program ataupun detailnya,” katanya.

Tercatat sampai sejauh ini banyak laporan yang masuk bahwa tenaga honorer termasuk segmen masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

Pada kesempatan itu, Presiden meminta agar sejumlah program seperti kartu prakerja dibahas kembali dengan Kementerian Keuangan untuk melihat potensi-potensi yang ada.

“Karena banyaknya tenaga informal yang terdampak dan kartu prakerja sendiri hari ini sudah 3,8 juta per-September 5,6 juta yang tercapai,” katanya.