DPRD Kapuas dukung peningkatan SDM berbasis kompetensi

id Dprd kapuas, pelatihan kerja, thosiba limin, pengangguran, blk, balai latihan kerja

DPRD Kapuas dukung peningkatan SDM berbasis kompetensi

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Thosiba Limin. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Thosiba Limin mengapresiasi ragam upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan program pelatihan berbasis kompetensi di wilayah setempat.



Salah satunya yakni pelatihan kejuruan menjahit dan desain grafis yang dilaksanakan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja setempat, kata Thosiba di Kuala Kapuas, Senin.



"Pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga nantinya bisa terserap menjadi tenaga kerja terampil dan handal di bidang mereka masing-masing,” katanya.



Selain itu sebagai upaya mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Kapuas dengan membuka usaha secara mandiri, maupun menjadi tenaga kerja terampil dan kompeten.



Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyebut, jika sudah memiliki keterampilan dan kompeten di bidangnya masing-masing, tentu akan meningkatkan peluang yang dimiliki masyarakat dalam dunia kerja.



Diharapkan program pelatihan berbasis kompetensi ini, tidak hanya berupa pelatihan kejuruan menjahit dan desain grafis, namun juga pelatihan bidang tata rias, otomotif, memasak dan lainnya.



“Kami harapakan pelatihan ini memberi banyak manfaat dan berguna bagi masyarakat, khususnya bagi pencari pekerjaan,” harapnya yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kapuas I Kecamatan Selat itu.



Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kapuas, Raison mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini sudah menjadi agenda tahunan. Namun sejak maraknya penyebaran COVID-19, pelatihan sempat terhenti selama tiga bulan.



“Kini kita kembali melanjutkan pelatihan lagi, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah pelatihan, menjaga jarak dan menggunakan masker,” jelasnya.



Bagi peserta yang selesai melakukan pelatihan akan dibekali dengan Sertifikat Uji Kompetensi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP jika lulus tahapan uji kompetensi.



"Bagi calon pencari kerja yang berminat mengikuti pelatihan, bisa mendaftarkan diri di Kantor UPTD BLK Kapuas atau mencari info di media sosial facebook UPT BLK Kapuas," demikian Raison.




Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar