Tanam singkong bukan program Kementan di 'food estate'

id Mentan, Syahrul Yasin Limpo,Mentan Syahrul Yasin Limpo,Tanam singkong bukan program Kementan di 'food estate',Program 'food estate'

Tanam singkong bukan program Kementan di 'food estate'

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) berbincang dengan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat mengunjungi lokasi food estate di Pulang Pisau, Senin, (31/8/2020). (ANTARA/Ho-Pemprov Kalteng)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan program penanaman singkong oleh Kementerian Pertahanan tidak termasuk yang akan digarap tahun ini oleh Kementerian Pertanian di lahan food estate  seluas 30.000 hektare (ha) di Kalimantan Tengah.

Dalam rapat kerja Komisi IV DPR dengan Kementerian Pertanian, Mentan menjelaskan penanaman singkong oleh Kemenhan sebagai cadangan pangan strategis tidak termasuk tugas, pokok, dan fungsi yang dikerjakan oleh Kementan dalam proyek food estate atau lumbung pangan.

"Saya nyatakan bahwa saya tidak ikut kalau yang itu, saya hanya fokus pada 30.000 hektare, dan itu tidak boleh dicampur yang mana yang ditanami Menhan, yang mana yang ditanami kami," kata Mentan Syahrul dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Jakarta, Senin.

Syahrul menjelaskan bahwa terdapat potensi lahan yang dapat dikembangkan menjadi lahan pertanian di Kalimantan Tengah seluas 164.598 hektare, berdasarkan data dari Kementerian PUPR.

Baca juga: Untuk gula-food estate, Kementan dapat anggaran tambahan Rp1,72 triliun

Baca juga: Mentan optimistis pembangunan food estate di Kalteng


Khusus pada 2020 ini, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian melakukan intensifikasi pertanian di lahan seluas 30.000 hektare agar lahan tersebut segera ditanami padi demi mengejar musim tanam Oktober 2020-Maret 2021.

Mentan Syahrul juga menyebutkan bahwa Kemenhan berencana melakukan penanaman singkong sebagai upaya menambah cadangan pangan strategis di lahan seluas 60.000 hektare pada tahun ini. Lokasi penanaman singkong tersebut terletak di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPR dari fraksi PDIP, Sudin, mempertanyakan kejelasan lokasi lahan tersebut dengan proyek food estate yang akan dikerjakan Kementan.

Baca juga: Mentan ingin lokasi pengembangan 'food estate' benar-benar dimantapkan

"Jadi 164.598 hektare itu, 30.000 hektare untuk padi, 60.000 hektare untuk singkong? Jadi cari lokasi lagi," tanya Sudin.

Mentan Syahrul pun kembali menegaskan bahwa Kemenhan tetap melakukan penanaman singkong, namun di luar ketetapan lahan food estate seluas 164.598 hektare.

"Kami sudah ada pembicaraan bahwa 60.000 hektare dan lain-lain, singkong tidak masuk areal kita. Cari lokasi lagi, karena kalau tidak mereka masuk, Bapak," kata Mentan.

Baca juga: Menteri Pertanian tinjau lokasi penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

Baca juga: Kembali kunjungi Kalteng, Menteri Pertanian serahkan sejumlah bantuan