Tingkatkan kepatuhan masyarakat Sukamara terapkan protokol kesehatan

id Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio,COVID-19,virus corona,operasi yustisi

Tingkatkan kepatuhan masyarakat Sukamara terapkan protokol kesehatan

Bupati Sukamara H Windu Subagio saat memimin upcara Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres SUkamara, Senin (14-19-2020). ANTARA/Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio memimpin langsung apel gelar pasukan operasi yustisi sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di kabupaten setempat, dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Operasi yustisi ini sangat penting karena salah satu upaya dalam hal menanggulangi sekaligus mencegah penyebaran COVID-19 yang sekarang ini semakin meningkat hampir di seluruh Indonesia, kata Windu didampingi Kapolres Sukamara AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, Senin.

"Jadi, kami berharap adanya operasi yustisi ini, tingkat kesiplinan dan kepatuhan masyarakat di Sukamara dalam hal menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat," tambahnya.

Dikatakan, apabila melihat tren terkait pandemic covid 19 di semua wilayah tentunya mengalami kenaikan yang cukup signifikan, tak terkecuali wilayah Kalteng yang sudah hamper mencapai 3 ribu orang terpapar.

Baca juga: Optimalkan pelaksanaan PTSL-PM, kata Wabup Sukamara

“Untuk wilayah provinsi juga sudah dibuatkan Peraturan Gubernur. Sedangkan, di Kabupaten Sukamara saat ini telah dibuatkan Peraturan Bupati dalam hal ini untuk operasi yustisi tersebut," kata Windu.

Adapun sanksi bagi masyarakat yang melanggar protocol kesehatan terkait dengan operasi yustisi ini masih sangat ringan, seperti melakukan kerja sosial dengan membersihkan sampah disekitar maupun push up.

"Kami akan lihat perkembangan secara bertahap, apabila kepatuhan masyarakat dalam menjalan protocol kesehatan, seperti menggunakan masker tidak diperhatikan, maka akan kita berlakukan pendisiplinan yang lebih tegas lagim," kata Windu.

Dari hasil razia tim gabungan dari Polres Sukamara, TNI, dan Pemerintah Sukamara masih banyak terdapat masyarakat yang tidak menggunakan masker sehingga diberikan sanksi langsung dengan push up serta kerja sosial.

Baca juga: Pemkab Sukamara sosialisasi Perbup terkait TJSLP

Baca juga: Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah datangi Sukamara

Baca juga: Pemkab Sukamara berupaya sukseskan PEN dan cegah praktik rentenir

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar