Satgas Yustisi Bartim mulai disiplinkan warga terkait penerapan protokol kesehatan

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, protokol kesehatan, ampera ay mebas, cpvid 19, satgas yustisi

Satgas Yustisi Bartim mulai disiplinkan warga terkait penerapan protokol kesehatan

Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo bersama Satgas Yustisi, meninjau kedisiplinan warga memakai masker di Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang, Senin, (14/9/2020). (ANTARA/Ho-Pemkab Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengatakan, Satgas Yustisi mulai melaksanakan kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam pemakaian masker.



"Mulai hari ini kami memberlakukan tindakan pendisiplinan bagi yang tidak memai masker dengan teguran, bahkan nantinya hingga pemberian sanksi denda,” katanya usai apel Operasi Satgas Yustisi di Tamiang Layang, Senin.



Dalam kegiatannya, Satgas Yustisi mensosialisasikan pendisiplinan pemakaian masker kepada masyarakat secara persuasif, agar masyarakat wajib memakai masker saat keluar rumah atau saat berada di fasilitas umum.



Tindakan yang dilakukan Satgas Yustisi diantaranya pendisiplinan dengan memberikan tindakan teguran. Hal ini sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020 dan Pergub Kalteng nomor 43 tahun 2020. Pada saatnya nanti akan diberikan sanksi hingga denda maksimal Rp250 ribu.



Ampera juga meminta masyarakat tidak beranggapan, bahwa normal baru bukan berarti kondisi sudah normal tanpa ada COVID-19. Penerapan normal baru dengan lebih mendisiplinkan diri dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dan mencuci tangan.



"Saat ini terjadi peningkatan kasus COVID-19 dalam sepekan, dengan kluster perkantoran dan keluarga. Oleh sebab itu, masyarakat perlu benar-benar menerapkan protokol kesehatan," kata orang nomor satu di Pemkab Bartim itu.



Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo Herlambang menjelaskan, personel Polres Bartim merupakan bagian dari Satgas Yustisi yang siap membantu kinerja Gugus Tugas percepatan Penanggulangan COVID-19.



“Dari Polres Bartim maupun dari Kodim 1012 Buntok akan membantu Operasi Yustisi yang dilaksanakan Pemkab Bartim,” tegasnya.



Operasi Yustisi diharapkan bisa mencegah penularan maupun penyebaran COVID-19 di Bartim yang terus mengalami peningkatan.



Dimulainya Operasi Yustisi, masyarakat diharapkan bisa mendisiplinkan diri menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker,mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan menjaga jarak.



Apel Operasi Yustisi dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bartim, Senin (14/9). Bupati Bartim Ampera AY Mebas memimpin langsung apel Operasi Yustisi yang dihadiri Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry, Kapolres Bartim AKBP Hafidh Susilo Herlambang, Kejari Bartim Roy Rovalino Herudiansyah dan jajaran kepala SOPD Bartim.



Usai apel, bupati beserta jajaran diikuti Satgas Yustisi meninjau penerapan protokol kesehatan di Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur dan Pasar Beringin Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah.




Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar