Pasar Penyeimbang Pemprov Kalteng didorong sediakan layanan pesan antar

id Pasar penyeimbang pemprov kalteng, sekda kalteng fahrizal fitri, manfaatkan kemajuan teknologi informasi, tpid, inflasi, tim pengendali inflasi daerah

Pasar Penyeimbang Pemprov Kalteng didorong sediakan layanan pesan antar

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri melihat berbagai barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar penyeimbang di Palangka Raya, Kamis, (24/9/2020). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri secara resmi membuka pasar penyeimbang pemerintah provinsi yang ada di kawasan Jalan AIS Nasution Kota Palangka Raya pada Kamis (24/9).

Fahrizal mendorong, agar pengelola atau dinas terkait mengoptimalkan kemajuan teknologi informasi (TI) untuk mengembangkan secara optimal keberadaan pasar penyeimbang tersebut bagi masyarakat.

"Salah satunya menjalin kerja sama dengan penyedia jasa layanan pesan antar atau pembelian daring (online) yang kini sudah banyak tersedia di wilayah kita," ungkapnya.

Hal itu guna memudahkan masyarakat agar tetap bisa berbelanja kebutuhannya berupa sembako meski tanpa harus datang secara langsung ke pasar penyeimbang tersebut.

"Jika bisa direalisasikan, maka masyarakat tak perlu datang ke pasar namun cukup memesan berbagai barang yang ingin dibeli secara daring," katanya.

Selain itu ia meminta, keberadaan pasar penyeimbang dipromosikan secara gencar oleh pengelola. Semakin banyak masyarakat yang tahu, maka banyak pula yang bisa merasakan manfaat dari pasar tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng, Aster Bonawaty memaparkan pihaknya siap menindaklanjuti arahan Sekda Fahrizal Fitri untuk menyediakan layanan pembelian secara daring bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Kami akan ke tahap itu nantinya, akan didata penjual dan berbagai produk yang tersedia, kemudian dikomunikasikan dengan penyedia jasa dimaksud," ungkapnya.

Lebih lanjut Aster menjelaskan, pasar tersebut sudah lama ada, namun sempat ditutup karena adanya pandemi COVID-19 melanda.

Seiring berjalannya waktu dan melihat perkembangan terkini, maka pihaknya memutuskan membuka kembali pasar tersebut dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Pasar penyeimbang tersebut ada setiap hari pukul 07.00-11.00 WIB, menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok yang rata-rata merupakan produk lokal, seperti sayur-sayuran, ikan, beras dari berbagai daerah di Kalteng dan lainnya.

Pasar tersebut juga merupakan salah satu program yang dimiliki Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) guna menjaga harga pasar. Para pedagang pun diberikan subsidi untuk kebutuhan biaya angkut.