Minat masyarakat Kapuas membudidayakan ikan terus meningkat

id Minat masyarakat Kapuas membudidayakan ikan terus meningkat, Kapuas, perikanan

Minat masyarakat Kapuas membudidayakan ikan terus meningkat

Penyaluran bantuan bibit ikan Patin oleh Kasi Sarana dan Prasarana Pembudidaya Ikan, didampingi penyuluh perikanan Tamban Catur, Juli Astuti Dalimunthe. ANTARA/ HO-Dinas Perikanan Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kecamatan Tamban Catur Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dinilai mempunyai potensi yang besar dalam usaha budidaya ikan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Minat masyarakat dari tahun ke tahun dalam usaha budidaya ikan, khususnya di Kecamatan Tamban Catur terus bertambah,” kata Juli Astuti Dalimunthe, penyuluh perikanan Kecamatan Tamban Catur di Kuala Kapuas, Selasa.

Juli mengatakan, awal September lalu, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, melalui Kasi Sarana dan Prasarana Pembudidaya Ikan, telah menyerahkan bantuan paket berupa benih ikan patin dan pakan ikan yang disalurkan untuk Kelompok Karya Membangun dan Mekar Sejahtera.

Bantuan tersebut, katanya, merupakan hasil kerjasama antara Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas dengan KKP melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Jumlah bantuan tersebut ada sebanyak 15 ribu benih ikan patin dan 3.500 kg pakan ikan yang kita serahkan untuk dua kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Tamban Catur itu,” katanya.

Kegiatan penyaluran bantuan ini, terang Juli, juga merupakan rutinitas tahunan BPBAT Mandiangin, Kalsel ke seluruh wilayah kerjanya, termasuk Kabupaten Kapuas yang juga merupakan wilayah kerja mereka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Darmawan, menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan budidaya ikan pada Kecamatan Tamban Catur. Kegiatan ekonomi itu dinilai sudah berhasil dalam melakukan pembudidayaan ikan di wilayah setempat.

Darmawan menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh pihaknya tersebut, dalam  rangka peningkatan produksi perikanan oleh masyarakat sekitar di masa pandemi COVID-19.

Disamping bantuan berupa benih ikan dan pakan ikan, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas juga memberi bantuan berupa mesin pembuat pakan beserta bahan bakunya yang termasuk ke dalam program Gerakan Pakan Mandiri (GERPARI).

“Harapannya dengan bantuan ini, dapat mendorong perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan usaha dari sektor perikanan,” demikian Darmawan.

Baca juga: Bawaslu Kapuas diharapkan tingkatkan pengawasan

Baca juga: Pemkab Kapuas resmi bentuk Tim Satgas COVID-19

Baca juga: Seorang ibu muda di Kapuas ditangkap polisi karena togel