Pentingnya Program Isi Piringku untuk kesehatan

id Program Isi Piringku ,gizi,Pentingnya Program Isi Piringku untuk kesehatan,Dr dr Diana Sunardi

Pentingnya Program Isi Piringku untuk kesehatan

Dokter spesialis gizi klinik Dr dr Diana Sunardi. (ANTARA/ (Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis gizi klinik Dr dr Diana Sunardi mengingatkan masyarakat di Tanah Air agar terus menjaga asupan gizi melalui Program Isi Piringku yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, terutama di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Seperti untuk makanan pokok, sepertiga untuk sayuran, sepertiga untuk buah-buahan dan sisanya untuk lauk-pauk," katanya saat diskusi virtual terkait makanan sehat yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Ia mengingatkan kesalahan porsi makanan cukup sering dijumpai terutama mengenai kadar karbohidrat. Sebagai contoh makanan pokok orang Indonesia ialah nasi, namun beberapa orang menjadikan kentang sebagai teman makan.

Baca juga: Ahli gizi sebut karbohidrat sederhana bisa picu kegemukan

"Itu sebenarnya sama-sama makanan pokok. Oleh karena itu, jangan sampai melebihi sepertiga piring," katanya.

Kemudian saat seseorang menghadiri suatu acara atau prasmanan maka sering lauk-pauknya tidak seimbang misalnya ikan, telur dan daging dikonsumsi dalam jumlah besar.

Dalam waktu bersamaan orang-orang juga sering lupa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Oleh sebab itu, perlu diingat keseimbangan Isi Piringku yang perlu seimbang.

Ia mengatakan di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, imun tubuh seseorang dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Terakhir, disarankan setiap individu agar bisa mengonsumsi makanan baik sayur-sayuran maupun buah-buahan yang berwarna-warni dalam satu minggu. Sebab, mengandung vitamin dan mineral yang berbeda-beda pula, demikian Diana Sunardi.

Baca juga: Manfaat kedelai bagi kesehatan menurut pakar gizi

Baca juga: Pilihan makanan jadi penentu pembentukan kekuatan otot

Baca juga: Ini alasan pentingnya jaga nutrisi anak di lima tahun pertama