Dukung Bulan Inklusi Keuangan, OJK Kalteng gelar sejumlah kegiatan menarik

id Ojk kalteng, otoritas jasa keuangan, bulan inklusi keuangan pasar virtual, palaku jumat, webinar umkm, umkm, usaha mikro kecil dan menengah

Dukung Bulan Inklusi Keuangan, OJK Kalteng gelar sejumlah kegiatan menarik

Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy. (ANTARA/HO-OJK Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sejumlah kegiatan menarik yang bisa diikuti masyarakat dalam mendukung Bulan Inklusi Keuangan pada Oktober 2020.

"Banyak kegiatan yang akan kami laksanakan di Kalimantan Tengah dalam rangka mendukung Bulan Inklusi Keuangan tersebut," kata Kepala OJK Kalteng, Otto Fitriandy di Palangka Raya, Kamis.

Diantaranya OJK Ngopi Milk yakni OJK ngobrol daring pelaku industri milenial Kalteng, business matching webinar pelaku UMKM dengan lembaga jasa keuangan, serta pasar virtual pelaku UMKM Jumat atau PALAKU Jumat.

Kemudian pengembangan inklusi pariwisata di kawasan Sungai Hitam Kereng Bangkirai, pengembangan Desa Inklusi Keuangan di kawasan food estate, Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dan banyak kegiatan lainnya.

Seluruh kegiatan tersebut diharapkan mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan memberikan akses keuangan seluas-luasnya kepada para pelaku UMKM.

"Seperti halnya PALAKU Jumat, bertujuan menciptakan sarana pasar (market) virtual bagi para pelaku UMKM," terangnya.

Selain itu, terdapat kegiatan business matching melalui presentasi dari pelaku UMKM yang belum mendapatkan akses keuangan kepada lembaga jasa keuangan.

Pihaknya berharap setelah kegiatan tersebut para pelaku UMKM mendapatkan akses dari lembaga jasa keuangan, baik dari sisi permodalan, pelatihan, maupun sistem pembayaranya.

"Selain itu, juga dilaksanakan berbagai lomba terkait industri jasa keuangan yaitu lomba artikel bagi guru dan dosen, lomba stand up comedy, live Instagram, virtual ride hingga lomba video edukasi kepada siswa/i SD," terangnya.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong masyarakat lebih mempelajari lembaga jasa keuangan serta produknya, sehingga mampu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Kalimantan Tengah.

"Kami juga mendukung agar masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi COVID-19 ini, diantaranya melalui kegiatan olah raga virtual ride inklusi keuangan dengan tagline “Better Health, Better Knowledge, Better Life”," ucapnya.

Otto juga menginformasikan tema Bulan Inklusi Keuangan tahun ini adalah AKSESSKU yaitu 'Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Indonesia Maju'.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar