Geger! Warga Palangka Raya temukan mayat bayi perempuan mengapung di DAS Kahayan

id Bayi di buang di DAS Kahayan,Palangka Raya,Kalteng,Polsek Pahandut,Kapolsek Pahandut Palangka Raya Kompol Edia Sutaata,pembuang bayi

Geger! Warga Palangka Raya temukan mayat bayi perempuan mengapung di DAS Kahayan

Masyarakat bersama anggota Pos Polisi Pelabuhan Rambang dan anggota Polisi Airud Palangka Raya mengevakuasi jasad bayi perempuan yang ditemukan tewas dalam kondisi mengapung di DAS Kahayan, Senin (19/10/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Warga Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah digegerkan dengan penemuan jasad bayi berjenis kelamin perempuan yang diduga baru lahir mengapung di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan.

Kapolsek Pahandut Palangka Raya Kompol Edia Sutaata, Senin, mengatakan penemuan jasad bayi perempuan tersebut sekitar pukul 08.00 WIB dengan kondisi ngambang dan ditemukan warga.

"Jasad bayi yang dalam kondisi mengenaskan dan masih ada ari-arinya, sudah dievakuasi dan dibawa ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya untuk dilakukan visum," kata Edia Sutaata.

Dia menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi mata yang tidak lain adalah warga Kota Palangka Raya, kala itu sedang mancing dan didatangi oleh rekannya bahwasanya ada mayat mengapung.

Dua orang tersebut langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP). Setelah sampai di lokasi kejadian kedua melihat jasad bayi yang diduga baru lahir tanpa busana sehelai pun lengkap dengan ari-arinya mengapung.

"Mayat itu oleh kedua saksi mata langsung dipinggirkan ketepi sungai agar tidak hanyut lagi. Selanjutnya salah satu dari saksi mata menelpon rekannya yang berada di darat untuk melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian terdekat," ucapnya.

Baca juga: Polisi masih selidiki pembuang bayi di DAS Kahayan Palangka Raya
 
Tim dokter forensik RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya bersama jajaran anggota kepolisian saat visum jasad bayi perempuan yang ditemukan di DAS Kahayan, Senin (19/10/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Alhasil dalam waktu 15 menit, dua anggota Polairud tiba ke lokasi kemudian langsung mengevakuasi jasad tersebut dan dibawa ke Pelabuhan Rambang guna dilarikan kerumah sakit untuk visum.

Kapolsek Pahandut menegaskan bahwa kasus ini masih dalam penyelidikan pihaknya dan guna mencari tahu apa penyebab bayi malang tersebut ditemukan dalam kondisi seperti itu.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan dan mengumpulkan informasi mengenai asal usul bayi dan siapa orang tuanya," kata Edia Sutaata.

Sementara itu dokter forensik RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya dr Ricka Brillianty menerangkan, dari hasil visum terlihat jika mayat bayi diduga kuat telah meninggal sejak tiga atau empat hari lalu.

"Untuk panjang bayi sekitar 56 centimeter dan diduga bayi ini memang sengaja dibuang oleh orangtuanya," tegas Ricka.