Legislator Palangka Raya ingatkan pemkot lebih optimal cegah DBD

id DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Mukarramah ,Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya

Legislator Palangka Raya ingatkan pemkot lebih optimal cegah DBD

Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Mukarramah. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Mukarramah mengingatkan sekaligus meminta pemerintah setempat lebih mengoptimalkan berbagai upaya preventif dalam mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Wabah DBD ini kerap kali muncul di musim penghujan seperti sekarang ini. Jadi, sudah waktunya pemkot melalui Dinas Kesehatan melakukan berbagai upaya pencegahan," kata Mukarramah di Palangka Raya, Selasa.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya yang membidangi persoalan kesehatan, pendidikan dan pariwisata itu mengingatkan kepada dinas terkait, untuk lebih masif lagi dalam melakukan sosialisasi bahaya penyakit DBD.

Dia mengatakan gencar sosialisasi cara pencegahan wabah DBD, seperti penggunaan bubuk abate serta mengajarkan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Dan, peran serta masyarakat untuk melapor ke Puskesmas maupun rumah sakit terdekat, juga sangat diperlukan apabila mengetahui ada warga bahkan kerabatnya yang terkena DBD.

"Maksimalkan juga peran puskesmas yang ada di setiap kelurahan, informasi ini sangat penting bagi pemerintah demi meningkatkan upaya pencegahan melalui pendataan dan pemetaan lokasi mana saja yang dinilai rawan akan terjadinya penyebaran DBD," bebernya.

Baca juga: Legislator : Percepat pembangunan drainase di musim hujan

Selain itu, langkah pencegahan seperti fogging atau pengasapan insektisida untuk mencegah nyamuk Aedes Aegypti apabila telah ada ditemukan kasus DBD, maka harus dilakukan dengan segera.

Walaupun masih belum bisa secara total menumpas nyamuk DBD, tetapi perlu kesiagaan seperti itu bagi pemerintah untuk terus mencegah wabah tersebut, agar tidak sampai merenggut korban jiwa seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Segera lakukan fogging ke tempat-tempat yang ditemukan kasus DBD. Apalagi penyakit ini termasuk penyakit yang penyebarannya begitu mudah, hanya melalui nyamuk saja. Jadi segala upaya dalam menekan angka DBD tahun ini harus lebih maksimal," tutup politisi Partai NasDem.

Baca juga: DPRD sepakat cabut izin pariwisata langgar protokol kesehatan COVID-19

Baca juga: Kesadaran warga gunakan masker di Palangka Raya cukup tinggi

Baca juga: Pohon tua rawan mengancam keselamatan warga Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar