Pewarta ANTARA Foto transfer ilmu cara memotret olahraga

id PWI Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah,Kalteng,PWI Kalteng

Pewarta ANTARA Foto transfer ilmu cara memotret olahraga

Wakil Ketua PWI Kalteng M Zainal (dipodium) menutup kegiatan pelatihan penulisan dan foto olahraga yang diikuti puluhan wartawan dan dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Jumat (23/10/2020). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah, memberikan kepercayaan kepada Pewarta Antara Foto berbagi pengalaman dan mengajarkan trik-trik memfoto dalam menggelar pelatihan menulis berita dan foto olahraga kepada puluhan wartawan yang berada di provinsi setempat.

Pewarta ANTARA Foto yang bertugas di Kalimantan Tengah, Makna Zaezar mengatakan, dalam pelatihan yang dilaksanakan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalteng banyak mengarahkan cara pengambilan foto ketika dalam peliputan.

"Saya banyak mengarahkan cara dasar saja yakni cara mengambil angle foto , sehingga pesan yang akan disampaikan tersampaikan melalui foto dan teks pendek yang akan ditulis si pewarta tersebut," kata Makna Zaezar di Palangka Raya, Jumat.

Selain pengambilan angle cara pengambilan foto ia juga menjelaskan pengalaman-pengalamannya selama meliput pertandingan sepakbola nasional seperti Liga I Indonesia, Timnas Indonesia kala menjamu Malaysia serta Asean Games yang dilaksanakan di Indonesia tahun lalu.

"Semoga saja ilmu yang saya sampaikan kepada kawan-kawan pewarta olahraga di Palangka Raya bisa bermanfaat untuk kedepannya," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut materi pembuatan berita olahraga juga disampaikan Vinsensius GL yang tidak lain adalah redaktur olahraga di media Kalteng Pos.

Dalam kegiatan itu juga Vinsensius juga memberikan tips-tips kepada peserta yang hadir untuk mendapatkan berita-berita bagus selama peliputan olahraga.

"Salah satunya sudah menjadwalkan berita apa yang akan mau diangkat untuk besok. Kemudian untuk memudahkan peliputan si pewarta wajib memiliki kontak handphone atlet, pelatih dan manajemen sehingga mudah dihubungi," kata Vinsensius.

Baca juga: Perhatian masyarakat terhadap produk TAHETA Bank Kalteng cukup tinggi

Sementara itu Ketua PWI Kalteng M Haris Sadikin melalui Wakil Ketua M Zainal berharap kegiatan seperti ini bisa mengangkat kualitas wartawan ketika melakukan liputan di lapangan.

Tidak hanya dalam foto dalam penulisan juga berkembang, sehingga efek dalam penulisan dan kualitas foto yang bagus bisa mengangkat nama daerah serta perekonomian di provinsi yang luasnya dua kali pulau jawa itu.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini selain kualitas wartawan terus meningkat, tulisan wartawan juga mudah dipahami pembaca sehingga si pembaca terenyuh ketika membaca tulisan-tulisan yang memang disajikan untuk masyarakat," demikian Zainal.

Baca juga: Pastikan kebijakan presiden terwujud, Wantannas lakukan kajian di kawasan food estate

Baca juga: HUT ke-56 penambah semangat Golkar Kalteng menangkan Sugianto-Edy

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar