Fasilitas pendidikan dan kesejahteraan guru Kotim harus terus ditingkatkan

id Fasilitas pendidikan dan kesejahteraan guru Kotim harus terus ditingkatkan, Halikinnor, pilkada Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Fasilitas pendidikan dan kesejahteraan guru Kotim harus terus ditingkatkan

Calon Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Calon Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Halikinnor mengatakan, fasilitas pendidikan di daerah ini perlu terus ditingkatkan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan.

"Kita semua tahu bahwa masih banyak sekolah-sekolah kita yang kondisinya memprihatinkan. Bahkan ada desa yang rumah dinas gurunya tidak ada sama sekali. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," kata Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Menurut Halikinnor, fasilitas merupakan kebutuhan mutlak untuk mendukung kelancaran dan efektivitas proses belajar dan mengajar. Keberadaan fasilitas seperti gedung sekolah dan sarana pendukungnya, akan berpengaruh terhadap kualitas belajar dan mengajar.

Halikinnor menilai, semasa kepemimpinan Bupati Supian Hadi hampir dua periode, bidang pendidikan sudah mendapat prioritas perhatian pemerintah daerah. Namun Halikinnor bertekad untuk lebih meningkatkan perhatian kepada bidang ini.

Pemerataan pembangunan bidang pendidikan hingga ke pelosok harus benar-benar diwujudkan. Secara bertahap, fasilitas pendidikan sekolah-sekolah di pelosok diperbaiki dan ditingkatkan.

Setiap sekolah diupayakan dilengkapi rumah dinas guru. Hal ini penting agar guru yang ditugaskan ke sekolah di desa-desa terpencil, tetap betah di tempat tugas karena mereka tidak perlu repot-repot memikirkan tempat untuk mereka tinggal.

Baca juga: PGRI Kalteng serukan guru tingkatkan sosialisasi protokol kesehatan

Kesejahteraan guru juga akan terus menjadi perhatian. Sebagai orang yang pernah menjabat Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor mengaku sudah menyiapkan strategi untuk bisa mengalokasikan peningkatan anggaran pendidikan.

Nasib guru honor sekolah dan guru sekolah swasta juga harus menjadi perhatian. Kebijakan pemerintah daerah secara bertahap mengangkat mereka menjadi tenaga kontrak, harus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Semua upaya itu akan dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik, Halikinnor yakin bisa mewujudkan hal tersebut.

"Guru mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jadi selain kita meningkatkan fasilitas pendidikan, kesejahteraan para guru juga harus menjadi perhatian. Saya yakin bisa mewujudkan hal tersebut," demikian Halikinnor.

Baca juga: Suparmadi kembali dipercaya pimpin PGRI Kotim

Baca juga: Sekolah di Kotim dibuka awal November, wajib jalankan protokol kesehatan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar