Pemkab Kapuas terima penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

id Pemkab Kapuas terima penghargaan Proklim dari Kementerian LHK, Kapuas, iklim

Pemkab Kapuas terima penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kepala DLH setempat, Kusmiatie, Kepala (BKPSDM) setempat Aswan, menerima penghargaan apresiasi pembinaan dari Kementerian LHK RI melalui konferensi video. ANTARA/Istimewa

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, kembali menerima penghargaan apresiasi pembinaan dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam seremonial penyerahan secara virtual melalui konferensi video.

“Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk peran aktif Pemerintah Kabupaten Kapuas, dalam menetapkan kebijakan atau peraturan serta secara aktif telah melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim),” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas, Kusmiatie di Kuala Kapuas, Minggu.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Kapuas telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Bupati Kapuas nomor 660/918/DLH.2020, tentang Pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) di daerah setempat.

Dalam surat edaran tersebut, berisi tentang imbauan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah, instansi vertikal, BUMN, perusahaan swasta, kecamatan dan kelurahan atau desa, untuk melaksanakan upaya aksi adaptasi atau upaya untuk menyesuaikan terhadap Perubahan iklim yang terjadi.

“Seperti penghematan penggunaan air, penganekaragaman tanaman pangan, dan pemanfaatan lahan pekarangan dan mitigasi perubahan iklim yaitu upaya menurunkan emisi gas rumah kaca dengan contoh pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan yaitu melestarikan flora dan fauna,” jelas Kusmiatie.

Dalam kegiatan ini, penghargaan diterima secara simbolis oleh Pelaksana Tugas Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy,  secara virtual melalui konferensi video. Penyerahan apresiasi itu, dilakukan dalam acara puncak kegiatan Festival Iklim tahun 2020.

Turut hadir mendampingi, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Kusmiatie, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat Aswan dan sejumlah organisasi perangkat daerah setempat serta undangan lainnya.

Penghargaan ini menjadi kebanggaan namun sekaligus tanggung jawab untuk terus berbuat yang lebih baik lagi.

Baca juga: Pastikan kebijakan presiden terwujud, Wantannas lakukan kajian di kawasan food estate

Baca juga: Komisi I DPRD Kapuas kunjungan kerja ke Kalsel

Baca juga: Jalan dua desa di Kapuas putus akibat banjir