Podkesmas bagikan tips untul membuat podcast

id Podkesmas,podcast,Podkesmas bagikan tips untul membuat podcast

Podkesmas bagikan tips untul membuat podcast

Kolektif podcaster asal Jakarta, Podkesmas, dalam jumpa pers virtual perayaan satu tahun Podkesmas, Minggu (25/10/2020). (ANTARA/Yogi Rachman).

Jakarta (ANTARA) - Podcast Kesehatan Masyarakat (Podkesmas) membagikan tips bagi para podcaster pemula yang ingin membuat podcast.

Kolektif podcaster asal Jakarta yang dihuni oleh nama-nama seperti Imam Darto, Omesh, Surya Insomnia, dan Angga Ngok itu mengatakan bahwa kunci utama yang harus diperhatikan dalam membuat podcast adalah konsistensi.

"Tipsnya ada empat, konsisten, konsisten, konsisten, konsisten. Konsisten pertama, kreatif mau bikin apa lagi. Harus konsisten buat sesuatu yang baru," kata Surya Insomnia dalam jumpa pers virtual perayaan satu tahun Podkesmas, Minggu.

Baca juga: Apa bedanya podcast dengan radio?

Angga Ngok menambahkan bahwa podcaster juga harus konsisten dengan tema yang dibahas dalam podcast yang dibuat. Dia mencontohkan apabila ingin membuat podcast bertema olahraga, maka harus konsisten dengan benang merah olahraga tersebut.

Selama satu tahun berjalan, Podkesmas berhasil menjadi urutan pertama dalam daftar podcast paling populer di Indonesia yang ada di Spotify dengan jumlah stream sebanyak 10000 kali setiap harinya.

Menurut Imam Darto, salah satu kunci keberhasilan Podkesmas adalah dengan konsisten menyapa pendengar dengan konten yang dibuat secara terjadwal.

"Konsisten yang ketiga itu konsisten di scheduling. Karena penting sekali memenuhi janji ke pendengar. Kalau mau tayang jam 9 ya tayang jam 9, kalau mau tayang tiap Kamis, ya tayang tiap Kamis, kalau mau durasi 30 menit, ya 30 menit," ujar Imam Darto.

Konsisten terakhir, menurut Omesh, adalah menjaga eksistensi dengan cara salah satunya mencari pemasukan melalui sponsor.

"Konsisten berikutnya ya konsisten bertahan dengan cara mencari pemasukan. Bagaimana kami season satu itu tanpa sponsor sama sekali. Baru pas season kedua, ketiga, kami full sponsor," papar Omesh.

Baca juga: Spotify gabungkan musik dan podcast pada 'playlist' Hari Kemerdekaan

Baca juga: Spotify hadirkan fitur video untuk podcast

Baca juga: Garap proyek podcast, Warner Bros dan DC gandeng Spotify

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar