Kunjungi Dompu, Plt Gubernur Kalteng sebut pertanian mampu topang ekonomi masyarakat

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, habib ismail bin yahya, kalteng kunjungi bima, ntb, nusa tenggara barat

Kunjungi Dompu, Plt Gubernur Kalteng sebut pertanian mampu topang ekonomi masyarakat

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya (dua dari kanan) mengunjungi kawasan pertanian dan peternakan di Kabupaten Dompu, NTB, Selasa, (27/10/2020). (ANTARA/Ho-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya menyakini apabila sektor pertanian dan peternakan mampu dikelola dengan baik, maka akan mampu menopang ekonomi masyarakat.

"Andaikata dikelola dengan baik, maka pertanian maupun peternakan mampu menopang ekonomi masyarakat," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Hal itu ia sampaikan, setelah mendengarkan pemaparan program pengembangan pertanian jagung dan peternakan yang disampaikan Sekretaris Daerah Dompu Muhibuddin.

Menurutnya pencapaian NTB begitu luar biasa, sebab sejumlah kabupaten yang ada di wilayah setempat, meski memiliki akses yang relatif sulit dan jarak tempuh cukup lama menuju ibu kota, namun angka kemiskinan mampu ditekan dan pertumbuhan ekonominya cukup baik.

Habib Ismail menyebut capaian ini sebagai salah satu bukti, sektor pertanian dan peternakan yang dikelola dengan baik, serta semangat tinggi baik dari pemerintah maupun masyarakat, mampu menunjang pembangunan ekonomi di daerah.

Untuk itu, kedatangan pihaknya ke Dompu maupun NTB, guna mengetahui bagaimana intervensi yang dilakukan pemerintah dalam pengelolaan pertanian dan peternakan, termasuk teknis atau metode yang diaplikasikan di wilayah setempat.

"Kami merasa mendapat semangat baru untuk mempercepat akselerasi di bidang pertanian maupun peternakan di Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Setelah melaksanakan pertemuan bersama Pemkab Dompu, Habib Ismail beserta jajaran juga meninjau lokasi Kelompok Tani Ternak Kelurahan Kandai 1 dan beberapa lokasi lainnya terkait pertanian maupun peternakan.

Diketahui sebelumnya, rombongan Pemprov Kalteng ini lebih dulu melakukan pertemuan dengan Pemkab Bima, guna mengkaji pengembangan pertanian seperti jagung hingga bawang merah, serta peternakan.

Kujungan kerja ke NTB bertujuan mendukung pelaksanaan program food estate di Kalteng oleh pemerintah pusat, yakni di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar