Pemprov fokus tangani enam titik kerusakan jalan Pangkalan Bun-Kolam

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, plt gubernur habib ismail bin yahya, banjir jalan pangkalan bun-kolam, kotawaringin lama, kotawaringin barat

Pemprov fokus tangani enam titik kerusakan jalan Pangkalan Bun-Kolam

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya (tengah) saat meninjau ruas jalan Pangkalan Bun-Kolam yang banjir, Kamis, (29/10/2020). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya beserta jajaran pada Kamis (29/10), meninjau banjir yang terjadi pada ruas jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama (Kolam).

"Penanganan jalan rusak di ruas Pangkalan Bun-Kolam ini akan didahului dengan penimbunan tanah, sebelum jalan diaspal," kata Habib Ismail di sela peninjauan.

Ia menjelaskan, penanganan saat ini pada enam titik ruas jalan yang rusak sudah mulai penimbunan tanah, sebelum dilanjutkan tahap agregat kelas B, agregat kelas A, serta pengaspalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalteng, Elfiansyah pada Jumat (30/10) memaparkan, nilai kontrak pemeliharaan berkala ruas jalan Pangkalan Bun-Kolam sepanjang 41 km mencapai Rp2,2 miliar.

Kontrak pemeliharaan berkala ruas jalan Pangkalan Bun-Kolam ditandatangani 8 Oktober 2020 lalu dan selesai serah terima pekerjaan atau provisional hand over (PHO) 20 Desember 2020.

Fokus penanganan adalah pada enam spot atau titik, yakni di km 0,37, km 5,18, km 6,3, km 6,45, km 6,76 dan km 7,64 dengan panjang jalan rusak berat secara keseluruhan yang kini ditangani mencapai 0,48 km.

"Selebihnya penanganan fungsional spot-spot jalan rusak ringan, jalan berlubang sampai km 17,9," ungkap Elfiansyah.

Adapun banjir kali ini dengan ketinggian bervariasi, yakni 30-60 sentimeter dan merupakan banjir ketiga sejak Agustus 2020 lalu. Peninjauan langsung dilakukan plt gubernur usai tiba di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

Turut mendampingi Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Sunarti, serta pejabat lainnya dari Pemkab Kobar, seperti dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Dinas Perhubungan setempat.