Program Kemitraan Pertamina bantu pelaku usaha bangkit dan berkembang

id Anugerah jurnalistik pertamina, ajp, Program kemitraan pertamina, mitra binaan, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah

Program Kemitraan Pertamina bantu pelaku usaha bangkit dan berkembang

Faisal Hadi salah satu pelaku usaha sektor perdagangan yang merupakan Mitra Binaan Pertamina di Kota Palangka Raya. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pertamina memiliki Program Kemitraan yang bertujuan meningkatkan kemampuan usaha mitra binaan agar semakin unggul, tangguh dan mandiri, serta mendorong usaha masyarakat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Pertamina memiliki banyak mitra binaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Mitra binaan Pertamina pun sangat beragam, baik pelaku usaha yang bergerak di bidang industri, jasa, perdagangan, pertanian, perkebunan dan lainnya.

Melalui program ini, Pertamina mengharapkan adanya 'multiplier effect' atau manfaat ganda guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional kerjanya.

Adapun pendampingan yang dilakukan Pertamina terhadap mitra binaan agar terus tumbuh dan berkembang, yakni melalui pola pendampingan, pembinaan, pelatihan yang terarah, hingga pemberian fasilitas promosi maupun pengembangan pasar.

Melalui Program Kemitraan ini, para mitra berpeluang memberdayakan potensi dan kondisi ekonomi, sosial, serta lingkungan masyarakat di wilayahnya dengan fokus diarahkan pada pengembangan ekonomi kerakyatan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina ingin selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk mendorong pertumbuhan serta peningkatan usaha agar menjadi lebih produktif, efisien dan profitable.

Seperti daerah lainnya di Indonesia, di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah juga terdapat sejumlah mitra binaan Pertamina, mulai dari sektor layanan dan jasa, hingga perdagangan.

Adapun salah satu mitra binaan Pertamina yang telah merasakan manfaat dari program ini, yakni Faisal Hadi yang memiliki usaha di sektor perdagangan tekstil dan pakaian.

Faisal mengatakan, pihaknya telah menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2018 lalu. Adapun dukungan yang didapat dari Pertamina, yakni berupa bantuan dana untuk pengembangan usaha.

"Sebelumnya kami sempat mengalami musibah kebakaran. Adanya dukungan berupa bantuan dana dari Pertamina itu, dapat meringankan beban yang dimiliki dan membantu mengembangkan usaha kami," jelasnya.

Ia pun berterima kasih dan mengapresiasi program Pertamina tersebut, karena sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk terus berkembang dan bergerak maju.

Tentunya pembangunan ekonomi, khususnya pada sektor pelaku usaha mikro, kecil dan menengah tak akan bisa berkembang secara maksimal, tanpa adanya dukungan dan sinergi kuat yang terbangun bersama pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya, termasuk BUMN seperti halnya Pertamina.

"Saya pun berharap Pertamina terus memberikan dukungannya terhadap para pelaku usaha. Tak hanya melalui bantuan dana, namun juga pendampingan, baik berupa pelatihan ataupun kegiatan yang dapat mendorong peningkatan sumber daya dari pelaku usaha," harapnya.