Ini alasan Halikinnor dukung pengembangan pertanian dan agrowisata

id Ini alasan Halikinnor dukung pengembangan pertanian dan agrowisata, Halikinnor, Halikinnor-Irawati, Harati, pilkada Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin

Ini alasan Halikinnor dukung pengembangan pertanian dan agrowisata

Halikinnor saat meninjau kebun jambu kristal milik Musthofa, petani di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Halikinnor sangat mendukung pengembangan sektor pertanian dan agrowisata, bahkan dia sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk mewujudkan itu.

"Saya sangat yakin sektor pertanian ini masih sangat menjanjikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan sektor ini bisa dikembangkan juga dengan membuat agrowisata, seperti di Kelurahan Tanah Mas dan lokasi lainnya yang strategis sehingga semakin meningkatkan nilai tambah sektor ini," kata Halikinnor di Sampit, Selasa.

Pria yang kini mencalonkan diri menjadi Bupati Kotawaringin Timur berpasangan dengan calon Wakil Bupati, Irawati atau akrab disapa pasangan HARATI ini mengaku sudah memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk meningkatkan sektor pertanian.

Sebagai seorang petani, Halikinnor mengaku sangat memahami kondisi, kendala dan harapan para petani. Hal itulah yang membuatnya dengan mudah membuat perencanaan sesuai dengan kebutuhan petani agar sektor ini semakin meningkat dan membuat petani sejahtera.

Dari kunjungannya ke beberapa lokasi pertanian di Kotawaringin Timur, aspirasi petani hampir sama, yakni terkait bantuan alat produksi pertanian, bibit, permodalan, serta pascapanen.

Terkait peralatan produksi pertanian, Halikinnor yakin bisa mewujudkan harapan petani jika dirinya diberi amanah memimpin daerah. Sebagai orang yang pernah menjabat Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Halikinnor sudah bisa menghitung kebutuhan anggaran serta dari mana sumbernya.

Dia juga menyampaikan idenya yaitu menyediakan alat berat untuk setiap kecamatan. Manfaatnya sangat banyak karena selain bisa digunakan untuk merawat jalan, juga bisa untuk membantu petani dalam mempersiapkan lahan pertanian.

Baca juga: Begini ide Halikinnor tingkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir Kotim

"Selama ini kebijakan larangan membuka lahan dengan cara pembakaran sangat berdampak terhadap petani kita, sementara solusi yang ditunggu juga belum sesuai harapan. Kalau ada alat berat, itu akan mempermudah petani dalam membersihkan dan menyiapkan lahan tanam," kata Halikinnor.

Halikinnor juga berpesan kepada petani untuk tidak menjual lahan pertanian mereka. Lebih baik digarap dengan menanam tanaman pangan atau hortikultura karena prospeknya masih sangat bagus.

Sementara itu Musthofa, seorang petani di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang mengaku sangat mendukung gagasan-gagasan yang disampaikan Halikinnor. Pria yang juga akrab disapa Topan ini yakin, Halikinnor mampu memberi solusi agar petani bisa meningkatkan taraf hidup sehingga menjadi lebih baik dan sejahtera.

"Saya juga mendukung wacana pembuatan agrowisata karena itu akan menjadi nilai tambah bagi sektor pertanian dan pariwisata. Ini ide yang sangat bagus. Selaku petani, saya menilai ini tentu sangat bagus. Mudah-mudahan bisa direalisasikan," demikian Musthofa.

Baca juga: Halikinnor sepakat peningkatan infrastruktur Kotim harus jadi prioritas

Baca juga: Dicecar banyak usulan, Halikinnor yakin bisa wujudkan harapan masyarakat