Diundur, Bandara Haji Muhammad Sidik akan diresmikan Jokowi pada 12 November

id bandara haji muhammad sidik,peresmian bandara,muara teweh

Diundur, Bandara Haji Muhammad Sidik  akan diresmikan Jokowi pada 12 November

Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Bupati Barut Nadalsyah dan lainnya saat meninjau Bandara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh, Selasa (20/10/2020). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Muara Teweh (ANTARA) - Bandar Udara Haji Muhammad Sidik di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, sebelumnya akan diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual bersama tujuh bandara lainnya di Tanah Air pada 10 November, diundur menjadi 12 November 2020.

"Peresmian bandara yang sebelumnya direncanakan Selasa (10/11) diundur waktunya,  dan sesuai rapat dengan Kementerian Perhubungan dan KSP, acara peresmian Bandara Haji Muhammad Sidik akan dilaksanakan pada Kamis (12/11),"  kata Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh Djarot Nugroho di Muara Teweh, Senin.

Menurut, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam persiapan peresmian bandara  yang terletak di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan tersebut, akan dihadiri Bupati Barito Utara Nadalsyah  dan rencananya diikuti Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya. 

"Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah di daerah ini diantaranya dengan Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara guna suksesnya peresmian bandara tersebut dengan  tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Djarot.

Baca juga: Bandara Haji Muhammad Sidik berikan pengaruh positif terhadap kemajuan Barut dan Mura

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara Mochamad Ikhsan  mengatakan pihaknya siap mendukung peresmian bandara pada Kamis (12/11) nanti.

Pihaknya siap memberikan dukungan atas peresmian bandara dengan mempersiapkan alat multimedia dan hunting news, sementara akses jaringan akan disupport oleh icon+ guna pelaksanaan peresmian Bandara  Muhammad Sidik secara virtual.

"Kita harapkan nantinya dilakukan gladi bersih sebelum digelar hari H untuk peresmian di Bandara Muhammad Sidik," kata Ikhsan. 

Baca juga: Bandara Haji Muhammad Sidik resmi beroperasi

Baca juga: Manajemen Lion Air Grup kunjungi Bandara Haji Muhammad Sidik


Di tempat terpisah Bupati Barito Utara  Nadalsyah menyampaikan agar persiapan peresmian ini disiapkan dengan sebaik-baiknya karena keberadaan bandara baru ini merupakan wujud dari perjuangan dan doa dari masyarakat dan pemerintah daerah kabupaten Barito Utara sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat serta membantu perekonomian di daerah ini menuju kabupaten maju di Kalteng.

"Saya berharap dengan diresmikannya bandara Haji Muhammad Sidik ini bisa menjadi jembatan untuk menjadikan Kabupaten Barito Utara ini lebih maju lagi. Bisa dimanfaatkan dan mengakomodasi masyarakat yang hendak pergi dan datang dari daerah ini," ujar Nadalsyah.

Baca juga: Timbangan 'Check In' Bandara Haji Muhammad Sidik ditera ulang

Baca juga: Pesawat Kemenhub ini, pertama yang mendarati Bandara Haji Muhammad Sidik

Baca juga: Bandara Haji Muhammad Sidik beroperasi 10 September