Plt Gubernur Kalteng apresiasi terbitnya ribuan sertifikat melalui PTSL

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, habib ismail bin yahya, ptsl, sertifikat tanah, delapan ribu sertifikat ptsl kalteng

Plt Gubernur Kalteng apresiasi terbitnya ribuan sertifikat melalui PTSL

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya. (ANTARA/Ho-Biro Adpim Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya, memberikan apresiasi kepada BPN wilayah setempat yang memfasilitasi masyarakat untuk menerbitkan sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Pencapaian ini tentu bukan titik akhir. Proses pembuatan sertifikat harus terus dilakukan termasuk penyelesaian atas target sertifikat hak atas tanah  oleh BPN Kalteng," katanya di Palangka Raya, Senin.

Adapun sertifikat yang terbit melalui PTSL untuk kabupaten dan kota di Kalteng, yakni sebanyak delapan ribu sertifikat. Untuk itu, Habib Ismail berpesan kepada penerima sertifikat agar dapat menjaga dan mempergunakannya dengan sebaik-baiknya.

"Apabila nantinya digunakan untuk keperluan usaha, hendaknya semua dilakukan melalui perhitungan yang matang, sebab pembuatan sertifikat selain memberi kepastian hukum hak atas tanah, juga dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut Habib Ismail mengatakan, kebijakan presiden melalui PTSL ini, merupakan wujud perhatian dan dukungan pemerintah kepada masyarakat.

Sebab pendaftaran tanah merupakan hal penting dan harus dilakukan oleh setiap pemegang hak atas tanah dalam memberikan kepastian hukum, serta mencegah timbulnya konflik atau sengketa terkait kepemilikan hak atas tanah di kemudian hari.

Dalam kesempatan itu, Habib Ismail menyerahkan sebanyak 37 sertifikat secara simbolis kepada penerima yang turut hadir dalam kegiatan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia oleh Presiden Joko Widodo melalui konferensi video.

Penyerahan tersebut merupakan rangkaian dari kebijakan Presiden Joko Widodo mengeluarkan satu juta sertifikat tanah kepada masyarakat seluruh Indonesia.

Hadir dalam kegiatan itu, Staf Kepresidenan, Ketua Komisi II DPR RI, Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia dan pihak terkait lainnya.