Kasus COVID-19 terus meningkat, Pemkab minta tiga M tetap dilaksanakan

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Leonard S Ampung ,Bartim,Kalteng,Penjabat Sekretaris Daerah Bartim,Sekda Barito Timur,Sekda Bartim,Kepala D

Kasus COVID-19 terus meningkat, Pemkab minta tiga M tetap dilaksanakan

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Leonard S Ampung. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Leonard S Ampung mengingatkan sekaligus meminta masyarakat tetap melaksanakan tiga M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar terhindar dari virus corona atau COVID-19.

"Kasus COVID-19 di wilayah kita ini masih terus mengalami peningkatan. Itu artinya, Pandemi COVID-19 masih belum berakhir dan harus terus dicegah dengan cara melaksanakan tiga M tadi," kata Leonard di Tamiang Layang, Kamis.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kalimantan Tengah itu pun mengharapkan masyarakat di Bartim, agar tidak lengah karena peningkatan kasus COVID-19 terjadi peningkatan setiap harinya. Bahkan, bisa menjadi ancaman dan bisa semakin meluas.

Dia mengatakan sebelum ada obat maupun vaksin COVID-19, upaya pencegahan penyebaran atau penularan COVID-19 yang ampuh adalah tiga M. Upaya tersebut bisa memutus rantai penyebaran COVID di Kabupaten Barito Timur. Pencegahan dan upaya memutus mata rantai Covid - 19 memerlukan peran serta semua elemen masyarakat agar persebarannya bisa ditekan dan terkendali.

"Kami mengharapkan dukungan semua elemen masyarakat, karena ini bukan hanya kerja pemerintah dan Satgas Covid tetapi semua aspek unsur masyarakat harus bekerjasama dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Leonard.

Baca juga: Ciptakan pilkada damai dan bebas COVID-19, kata Wabup Bartim

Semua elemen masyarakat diminta sama - sama menyadarkan individu, masyarakat, keluarga di lingkungan sekitar tentang kewajiban tiga M, sehingga penyebaran COVID-19 dapat terkendali.

"Jangan lengah untuk tetap memperhatikan dan memberitahukan serta mengajak warga lainnya untuk melaksanakan tiga M. Kerjasama menerapkan tiga M juga hendaknya dilandasi kesadaran masing-masing,," katanya.

Informasi data terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Barito Timur, Kamis (12/11) pukul 12.00 WIB, menyebutkan ada penambahan dua kasus terkonfirmasi COVID-19 sehingga secara kumulatif terdapat 304 kasus, dengan rincian dalam perawatan 41 orang, sembuh 260 orang, meninggal tiga orang, probable nihil dan suspek 21 orang.

Baca juga: Jangan mau terpecah belah karena pilkada, kata Wabup Bartim

Baca juga: Pengecekan suhu tubuh masih diberlakukan saat masuk kantor Pemkab Bartim

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar