Pemenuhan sarana kesehatan tingkat dasar di Kalteng berhasil capai target

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, puskesmas, layanan kesehatan dasar, pustu

Pemenuhan sarana kesehatan tingkat dasar di Kalteng berhasil capai target

Ilustrasi - Tenaga kesehatan Puskesmas Sumber Barito memberikan penyuluhan terkait COVID-19 di Desa Kalapeh Baru, beberapa waktu lalu, yakni Jumat, (17/7/2020). ANTARA/Ho-Kodim 1013 Muara Teweh

Palangka Raya (ANTARA) - Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perseorangan tingkat pertama.

Puskesmas lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya, kata Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail, melalui Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul di Palangka Raya, Rabu.

"Rasio Puskesmas per 30 ribu penduduk 2016-2019 berdasarkan capaiannya di Kalteng, mengindikasikan sarana kesehatan tingkat dasar ini berhasil mencapai target yang ditetapkan pada renstra yaitu satu Puskesmas melayani 30.000 penduduk," katanya.

Ia menjabarkan, rasio Puskesmas per 30 ribu penduduk pada 2016 mencapai 2,29 Puskesmas per 30 ribu penduduk dan 2017 capaian rasio Puskesmas sebesar 2,32 Puskesmas per 30 ribu penduduk.

Kemudian 2018 capaian rasio Puskesmas sebesar 2,34 Puskesmas per 30 ribu penduduk dan 2019 capaian rasio Puskesmas sebesar 2,25 Puskesmas per 30 ribu penduduk.

"Namun, meski mencapai target yang ditetapkan
pada renstra satu Puskesmas melayani 30 ribu penduduk, geografis Kalimantan Tengah yang begitu luas beserta sebaran penduduknya, maka kebutuhan pembangunan Puskesmas masih diperlukan guna mendekatkan masyarakat dengan sarana pelayanan kesehatan," katanya.

Adapun pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas memiliki sejumlah tujuan utama untuk direalisasikan, yakni mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat, meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.

Selanjutnya guna mewujudkan masyarakat yang mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu, hidup dalam lingkungan sehat, serta memiliki derajat kesehatan optimal, baik individu, keluarga, kelompok maupun masyarakat.

Sementara itu, sebagai bagian integral Puskesmas, guna meningkatkan jangkauan dan mutu
pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya, juga didirikan Puskesmas Pembantu atau Pustu di suatu lokasi dalam wilayah kerjanya.

"Pustu berfungsi sebagai sarana yang menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas," terangnya.