Legislator ingatkan masyarakat waspadai bencana alam saat musim hujan

id DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit Widodo,Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Kalteng,waspadai bencana alam,Bencana di Palan

Legislator ingatkan masyarakat waspadai bencana alam saat musim hujan

Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit Widodo. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit Widodo mengingatkan sekaligus mengharapkan kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat, agar mewaspadai adanya bencana alam saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Tidak ada salahnya kalau kita terlebih dahulu mewaspadai mengenai hal tersebut, sehingga kita sudah lebih siap ketika ada bencana alam seperti angin puting beliung dan lain sebagainya," kata Sigit saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya itu mengakui sampai sekarang cuaca di kota ini masih aman dan belum ada gangguan terhadap masyarakatnya. Hanya, tetap saja perlu diwaspadai itu adalah angin kencang yang bisa merusak bangunan pemukiman warga.

Kemudian itu juga luapan air Sungai Kahayan ke permukiman warga, karena hal tersebut bisa saja terjadi ketika sewaktu-waktu, karena yang namanya bencana alam tidak ada yang tahu kapan menimpa sejumlah daerahnya.

"Yang jelas cuaca ekstrem selain angin puting beliung, pohon tumbang yang juga sangat mengancam nyawa warga di sekitarnya," kata Sigit.

Lebih lanjut, sambung dia, ancaman pohon tumbang sangatlah banyak karena hampir di setiap lokasi baik itu permukiman, perkantoran, kawasan pasar serta jalan raya banyak sekali pohon-pohon besar berada di pinggir jalan.

Maka dari itu, agar tidak ada korban jiwa terkait pohon tumbang instansi terkait di Pemerintah Kota Palangka Raya wajib menginventarisir pohon-pohon yang umurnya sudah tua dan rawan tumbang yang berada di pinggir jalan.

Baca juga: Pengiriman logistik Pilkada di Palangka Raya harus patuhi Prokes

"Apabila banyak yang ditemukan pohon rawan tumbang, maka alangkah baiknya segera dipotong sehingga masyarakat tidak was-was dengan pohon tersebut ketika cuaca ekstrem seperti ini," ungkap Sigit.

Politisi PDIP Kota Palangka Raya itu juga menyarankan, di musim seperti ini jangan hanya mewaspadai bencana alam saja, masyarakat juga wajib mewaspadai munculnya wabah demam berdarah dengue (DBD).

"Nyamuk DBD itu muncul ketika musim penghujan seperti ini dan senang berada di tempat-tempat yang lembab. Jangan sampai sanak keluarga kita yang menjadi korban DBD, karena penyakit tersebut bisa membahayakan nyawa manusia apabila tidak ditanggulangi sebaik mungkin," tandasnya.

Baca juga: Legislator : Pentingnya memerhatikan kecukupan gizi bagi anak

Baca juga: Legislator minta masyarakat ikut sukseskan Pilkada Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar