Tingkatkan pemahaman penanganan COVID-19 di Kalteng melalui Petunra

id Pertunjukan rakyat, petunra kalteng, diskominfosantik kalteng, kominfo, pandemi covid 19, virus corona, protokol kesehatan

Tingkatkan pemahaman penanganan COVID-19 di Kalteng melalui Petunra

Petunra yang digelar di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Jumat, (20/11/2020) malam. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi Pertunjukan Rakyat (Petunra) yang digagas Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional bekerja sama dengan Diskominfosantik setempat.

"Melalui Petunra, semoga diperoleh pemahaman komprehensif terkait penanganan COVID-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional," kata Asisten I Setda Kalteng Hamka saat membacakan sambutan Pelaksana Gubernur Habib Ismail Bin Yahya di Palangka Raya, Jumat.

Petunra merupakan pertunjukan virtual kesenian rakyat tradisional dari sanggar seni di wilayah setempat yang disiarkan secara 'live streaming' berdurasi 90 menit.

Pihaknya berharap Petunra mampu membantu pemerintah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yakni pemulihan kesehatan serta bangkitnya ekonomi di tengah pandemi maupun pasca pandemi nantinya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berbagai kebijakan pemerintah dalam mendukung upaya pemulihan kesehatan dan percepatan pemulihan ekonomi telah disiapkan, serta terus dijalankan melalui berbagai program.
 
Asisten I Setda Kalteng Hamka membacakan sambutan Plt Gubernur Habib Ismail, dalam kegiatan Petunra yang digelar di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Palangka Raya, Jumat, (20/11/2020) malam. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Namun untuk menyukseskannya diperlukan dukungan dan partisipasi masyarakat. Untuk membangun pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan, program dan dampaknya, diperlukan komunikasi terpadu.

"Perlu peran serta berbagai pihak guna menyampaikan pesan ini kepada masyarakat secara masif, faktual dan mudah dipahami. Salah satunya adalah melalui Petunra," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kadiskominfosantik Kalteng Agus Siswadi menyampaikan, Petunra dilaksanakan sebagai salah satu bentuk diseminasi atau penyampaian berbagai pesan kepada masyarakat.

"Pesan dimaksud, yakni untuk bersama-sama membangun rasa optimisme dan semangat masyarakat tetap produktif selama pandemi," tegasnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut, turut hadir sejumlah kepala perangkat daerah, seperti Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Syahril Tarigan, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pejabat daerah ini juga aktif dalam kegiatan, membahas pertunjukan seni yang ditampilkan, sembari menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan upaya pemulihan kesehatan maupun ekonomi.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar