Patroli gabungan ditingkatkan jaga kamtibmas Barsel jelang pilkada

id Patroli gabungan ditingkatkan jaga kamtibmas Barsel jelang pilkada, barsel, pilkada kalteng

Patroli gabungan ditingkatkan jaga kamtibmas Barsel jelang pilkada

Tim gabungan yang terdiri dari anggota Polres, Kodim 1012 Buntok, dan Satpol PP melaksanakan patroli berskala besar di Buntok, Sabtu (21/11/2020) malam. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Polres bersama Kodim 1012 Buntok dan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menggelar patroli berskala besar cipta kondisi dalam persiapan menghadapi pemilu kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

"Tujuan dilaksanakannya apel siaga yang dilanjutkan dengan patroli bersama ini sasarannya dalam upaya cipta kondisi menghadapi pilkada," kata Kapolres Barito Selatan, AKBP Agung Tri Widiantoro yang diwakili Kabag Ops, Kompol M. Fadhol di Buntok, Sabtu malam.

Saat ini sudah memasuki masa kampanye sehingga harus diantisipasi untuk mencegah munculnya gangguan. Patroli bersama dilaksanakan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat supaya selalu kondusif.

Sasaran lain dari kegiatan ini yaitu untuk menegakan pelanggaran protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Corona Virus Disease-19 (COVID-19).

Menurut dia, patroli gabungan berskala besar ini dibagi menjadi dua tim. Langkah ini dilakukan agar dalam menjalankan tugasnya bisa lebih efektif.

"Yang jelas sasaran dari patroli ini ke kantor KPU, dan kerumunan masyarakat seperti di kafe, warung-warung dan kumpulan-kumpulan pemuda yang nongkrong di malam minggu ini," kata Fadhol.

Hal itu dilakukan untuk memastikan agar masyarakat tetap menjaga kondisi keamanan dan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan lainnya sesuai anjuran pemerintah.

"Apalagi perkembangan COVID-19 di Barito Selatan saat ini, alhamdulillah sudah mengalami penurunan dan diharapkan jangan sampai ada kenaikan lagi," harapnya.

Menurut dia, patroli gabungan ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar perkembangan COVID-19 di Barito Selatan ini jangan ada lagi mengalami kenaikan. Petugas mengingatkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

"Sinergitas antara Polri, TNI dan Pemkab Barito Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja melalui patroli ini dalam upaya pencegahan COVID-19 di daerah ini," tambahnya.

Fadhol juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini agar turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar kondisi kamtibmas selalu kondusif.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat supaya selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19," demikian Fadhol.

Baca juga: Pemkab dan DPRD Barsel dukung simulasi pemungutan suara terapkan prokes

Baca juga: Ini upaya penguatan persatuan hingga pengamanan pilkada di Barsel

Baca juga: Penuhi capaian program pembangunan 2021, APBD Barsel 2021 harus berutang