KPU Bartim mulai sortir surat suara Pilkada Kalteng

id KPU Bartim mulai sortir surat suara Pilkada Kalteng, KPU Bartim, Bartim

KPU Bartim mulai sortir surat suara Pilkada Kalteng

Ketua KPU Bartim Andy A Gandrung (ketiga kanan) didampingi Komisioner Bawaslu Fajrul, Kabag Ops AKP Nandi, Kasat Intelkam Iptu Arya mengecek kondisi surat suara setelah diterima di Tamiang Layang, Jumat (20/11/2020) malam. ANTARA/HO-KPU Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur menerima logistik dan mulai menyortir surat suara sebanyak 39 boks untuk kebutuhan Pilkada Kalimantan Tengah pada 9 Desember 2020 nanti.

“Surat suara kita terima sebanyak 77.235 lembar yang termuat dalam 39 boks. Diterima pada Jumat (20/11) malam dan saat ini sedang dilakukan penyortiran atau pelipatan,” kata Ketua KPU Bartim Andy A Gandrung di Tamiang Layang, Minggu.

Penyortiran surat suara memerlukan waktu sekitar 18 hari kalender. Dalam satu boks maksimal berisikan 2.000 lembar surat suara. Sebanyak 38 boks berisikan 2.000 lembar surat suara dan satu boks berisikan 1.235 lembar surat suara.

KPU Bartim menjamin surat suara maupun logistik pilkada tahun 2020 ini bebas dari penyebaran COVID-19. Sebelum dikirim, sudah ada sterilisasi dan penyortiran terhadap logistik pilkada itu dengan melibatkan pegawai lingkup sekretariat KPU Barito Timur yang sudah mengikuti tes cepat atau "rapid test".

Selain Sekretariat dan Komisioner KPU Bartim, aparat kepolisian setempat beserta Bawaslu mengawasi secara ketat penyortiran surat suara. Setap selesai penyortiran, dilakukan rekapitulasi data surat suara yang baik dan rusak.

“Jika tidak ada halangan, maka pada Senin (7/12), surat suara beserta logistik pilkada lainnya akan didistribusikan kepada Penyelenggara Pemungutan Kecamatan (PPK),” kata Andy.

Dia menambahkan, surat suara beserta logistik akan dibagikan ke Penyelenggara Pemungutan Suara pada Selasa (8/12) dan pada Rabu (9/12) Pilkada Kalteng siap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra mengatakan, pengawasan dan pengecekan dilakukan sejumlah polisi pada gudang logistik KPU Bartim di Tamiang Layang.

“Pengaman yang dilakukan melalui pengawasan dan pengecekan merupakan langkah dari kesiapsiagaan personel Polres Bartim dalam rangka memastikan  proses rangkaian Pilkada Gubernur Kalteng tahun 2020 berjalan dengan lancar dan baik,” kata Afandi.

Menurutnya, logistik sudah diterima KPU Bartim dan saat ini sedang dalam proses penyortiran surat suara. Untuk mengetahui kesiapan penyelenggara Pilkada Kalteng di Kabupaten Bartim, sejumlah personel Polres Bartim melakukan pengecekan secara kontinyu setiap saat.

Baca juga: Banggar dan TAPD Bartim bahas APBD 2021

Baca juga: Penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Bartim masih tinggi

Baca juga: Perselisihan warga Kandris dan CV MJM diselesaikan secara ritual adat

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar