Rektor sebut keberhasilan ULM tak lepas dari peran ANTARA

id Rektor ULM,Sutarto Hadi,Perum LKBN ANTARA,Rektor sebut ANTARA menjadi mitra strategis kemajuan ULM,Rektor sebut keberhasilan ULM tak lepas dari peran

Rektor sebut keberhasilan ULM tak lepas dari peran ANTARA

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi. (ANTARA/Humasulm)

Banjarmasin (ANTARA) - Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengatakan Perum LKBN ANTARA menjadi mitra strategis kemajuan kampus yang dipimpinnya selama dua periode terakhir.

"Saya apresiasi atas kerja sama yang baik selama ini. Maka di momen menyambut usia 83 tahun ANTARA pada 13 Desember 2020, saya lebih awal mengucapkan selamat dan sukses ANTARA semoga terus maju dan berkembang mengawal bangsa Indonesia sesuai tupoksinya," ucap Sutarto di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, berbagai keberhasilan yang diperoleh ULM selama ini tidak terlepas dari peran ANTARA dalam publikasi untuk senantiasa memberitakan yang baik atas kinerja ULM mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Atas keterbukaan publikasi kinerja yang terus diberitakan ANTARA, ungkap Sutarto, ULM berhasil meraih anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik empat tahun secara beruntun yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Puncaknya, tahun ini ULM yang telah terakreditasi A menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan yang masuk klaster 2 dan berada pada peringkat 47 terbaik dari 2.136 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia dalam klasterisasi perguruan tinggi yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Raihan prestasi ULM sepanjang tahun ini jadi kado yang saya persembahkan pula bagi ANTARA. Teruslah maju menjadi kantor berita utama di Indonesia terutama dalam memberitakan informasi bermanfaat serta menangkal hoaks yang tentu sangat mempengaruhi masyarakat," pungkas Guru Besar Pendidikan Matematika itu.

Perum LKBN ANTARA didirikan pada 13 Desember 1937 di Jakarta oleh empat pemuda bernama A.M. Sipahoetar, Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena.

Pada 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia.

Pada Senin (23/11), LKBN ANTARA meluncurkan nilai utama budaya perusahaan AKHLAK yang merupakan kependekan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Direktur Utama LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat mengatakan peluncuran nilai utama perusahaan itu memberikan komitmen ANTARA sebagaimana Badan Usaha Milik Negara yang memiliki nilai-nilai standar dalam kehidupan kantor berita sekaligus penanda menjalankan standar-standar nilai yang telah digariskan pada setiap BUMN oleh Menteri BUMN Erick Thohir.