Masalah suspensi, 115 ribu mobil Tesla diselidiki AS

id Masalah suspensi, 115 ribu mobil Tesla diselidiki AS,Tesla

Masalah suspensi, 115 ribu mobil Tesla diselidiki AS

Foto yang diabadikan pada 26 Oktober 2020 ini menunjukkan kendaraan Tesla Model 3 yang diproduksi di China (made in China) di gigafactory Tesla yang terletak di Shanghai, China timur. Tesla, pabrikan mobil Amerika Serikat (AS), pada Senin (26/10) mengumumkan bahwa pihaknya akan mengekspor 7.000 kendaraan Model 3 yang diproduksi di China ke Eropa pada Selasa (27/10). Gelombang pengiriman sedan-sedan ini diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Zeebrugge di Belgia melalui laut pada akhir November nanti, sebelum dijual di negara-negara Eropa, termasuk Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Portugal, dan Swiss. Tesla mengirim gelombang pertama sedan Model 3 made in China kepada publik pada awal tahun ini, setahun setelah perusahaan tersebut menggelar upacara peletakan batu pertama untuk pabrik pertamanya di luar negeri. ANTARA FOTO/Xinhua/Ding Ting/pras.

Jakarta (ANTARA) - Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat pada hari Jumat (27/11) waktu setempat mengatakan telah membuka penyelidikan formal terhadap sekitar 115 ribu kendaraan Tesla atas masalah keamanan suspensi depan.

Dikutip dari Reuters, Sabtu, regulator keselamatan mobil mengatakan sedang membuka evaluasi awal untuk kendaraan Model S 2015-2017 dan Model X 2016-2017, setelah menerima 43 keluhan yang menyatakan kegagalan tautan depan suspensi kiri atau kanan depan.

Tesla pada Februari 2017 mengeluarkan buletin layanan yang menjelaskan kondisi manufaktur yang dapat menyebabkan suspensi depan mengalami kegagalan sambungan, kata NHTSA.


Tesla tidak menanggapi permintaan komentar.

Buletin layanan 2017 mengatakan beberapa kendaraan memiliki "tautan depan depan yang mungkin tidak memenuhi spesifikasi kekuatan Tesla. Jika terjadi kegagalan sambungan, pengemudi tetap dapat mengontrol kendaraan tetapi ban dapat mengenai wheel arch liner."

NHTSA mengatakan 32 keluhan melibatkan kegagalan yang terjadi selama manuver parkir kecepatan rendah, sementara 11 terjadi saat mengemudi. Delapan keluhan lainnya mungkin juga melibatkan masalah yang sama.

Badan tersebut mengatakan, "Keluhan tampaknya menunjukkan tren peningkatan, dengan tiga dari insiden pada kecepatan jalan raya dilaporkan dalam tiga bulan terakhir."

Pada 20 November, gugatan class action diajukan terhadap Tesla di Pengadilan Distrik AS di California atas masalah suspensi pada kendaraan Model S dan X, mengklaim cacat yang dapat mengakibatkan komponen perakitan lengan kontrol suspensi depan dan belakang gagal sebelum waktunya.

Pada bulan Oktober, Tesla mengatakan kepada NHTSA bahwa mereka menarik sekitar 30 ribu kendaraan Model S dan Model X di China untuk masalah link suspensi depan atas permintaan regulator China. Tesla juga mengeluarkan penarikan tautan suspensi belakang terpisah di China untuk kendaraan Model S.

Tetapi Tesla mengatakan kepada NHTSA, mereka tidak percaya ada cacat suspensi dan mengatakan tidak diperlukan penarikan kembali AS, menyebut masalah itu "sangat jarang." Ia menambahkan pihaknya tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian terkait di seluruh dunia.

Pekan lalu, NHTSA mengatakan sedang memperluas probe terpisah ke hampir 159 ribu kendaraan Tesla Model S dan Model X.

NHTSA telah membuka evaluasi awal pada bulan Juni atas kegagalan layar sentuh. Badan tersebut mengatakan kegagalan tersebut dapat mengakibatkan hilangnya tampilan gambar kamera belakang saat mundur dan mengurangi visibilitas belakang saat mencadangkan.

Ini dapat memengaruhi kemampuan defogging dan bunyi lonceng yang berhubungan dengan Autopilot dan sinyal belok.

Probe itu sekarang mencakup kendaraan Model X model tahun 2012-2018 dan Model X 2016-2018. Investigasi awal mencakup 63 ribu mobil Tesla Model S.